SEMARANGkabarwisata.com, Jika anda berlibur ke Semarang jangan lupa mampir ke tempat wisata terbaru yang bernama Brown Canyon. Jangan salah jika selama ini kalian tahu grand canyon itu hanya ada di amerika, kali ini indonesia juga ada.

Brown Canyon adalah tempat wisata yang baru baru ini populer di social media lho sobat karena keindahan lokasinya. Asal usul sebenarya Brown Canyon ini bukanlah tempat wisata lho, namun perbukitan biasa yang di tambang sejak lama dan saat ini wujudnya seperti Grand Canyon yang terkenal di amerika itu.

Daya Tarik Brown Canyon

Brown Canyon ini memiliki beberapa daya tarik sehingga banyak orang yang penasaran dan ingin mengunjungi tempat ini karena penasaran. Beberapa daya tarik yang dimiliki, yaitu:

1. Wisata alternatif di Semarang

Wisata Brown Canyon ini sebenarnya belum dapat dikatakan sebagai tempat wisata murni yang dibuat oleh pemerintah. Kawasan ini ada karena proses alam dan proses galian oleh para penambang yang ada di sekitar Semarang serta Jawa Tengah. Kawasan ini memiliki fungsi awal sebagai tempat untuk menambang.

Dahulu daerah ini hanya merupakan perbukitan dan tebing-tebing tinggi biasa yang berada di sekitar Rowosari, Tembalang. Awalnya banyak masyarakat di sekitar Semarang yang ingin mencari wisata alternatif, kemudian tanpa disadari banyak yang terpesona dengan keindahan tebing ini.

Banyak masyarakat yang mulai memberitahukan melalui media sosial hingga ada liputan dari salah satu stasiun televisi, hingga saat initempat ini menjadi terkenal sebagai temptuntuk wisata.

2. Keindahan area yang masih alami

Salah satu yang menjadi daya tarik pengunjung yang pergi ke sini ialah adanya kolam. Kolam ini memiliki bentuk tepian yang memanjang. Para pengunjung biasanya memadati daerah kolam ini. Hal ini dikarenakan mungkin keberadaan kolam menjadi penyegar mata di tengah-tengah keberadaan pasir dan batu.

Kolam ini terbentuk secara tidak sengaja. Pada musim hujan, biasanya air akan mengisi ceruk besar yang terdapat di celah-celah tebing. Kemudian, lama-kelamaan jadilah sebuah kolam yang berwarna kehijauan. Walaupun begitu, kehadiran kolam di sini menjadi penyegar para pengunjung yang datang.

3. Spot foto yang menarik

Rata-rata pengunjung yang datang ke sini adalah ingin memiliki foto yang bagus. Anda dapat berfoto dengan latar belakang batu-batu besar yang menjulang tinggi. Titik foto yang disenangi oleh pengunjung ialah berfoto diantara dua tebing yang tinggi. Dengan teknik foto yang tepat, maka Anda akan menghasilkan foto yang bagus dan terlihat indah.

Foto : headtopics.com

Selain dua tebing tinggi tersebut, masih terdapat tebing besar lainnya yang bisa digunakan sebagai spot foto. Untuk mendapatkan foto terbaik, Anda dapat menggunakan kamera yang memiliki lensa yang lebar, sehingga area gambar akan menjadi lebih luas lagi.

Selain itu, ada juga batu-batu besar yang dapat Anda gunakan sebagai pijakan saat akan mengambil foto, sehingga Anda akan mendapatkan hasil foto dari berbagai sudut.

Foto : 123ish.com

4. Lokasi foto pre wedding yang menarik dan unik

Saat ini, banyak pasangan calon pengantin melakukan foto pre wedding sebagai bentuk kenang-kenangan. Jika foto pra wedding dilakukan di studio memang sudah biasa, namun pernahkan Anda memikirkan untuk melakukan foto pre wedding di tengah-tengah tebing? Apabila dibayangkan, Anda dan calon pasangan akan memiliki foto yang indah dengan nuansa warna cokelat.

Latar belakang pemandangan lokasi penambangan batu ditambah dengan nuansa hijau dari tanaman liar yang ada di sekitar, maka hasil foto akan terlihat lebih menarik dan unik. Perpaduan berbagai unsur yang ada di alam akan memberikan kesan dari hasil foto pre wedding Anda bersama pasangan.

Walaupun daerah di sekitar sini sangat terik, panas, dan berdebu ketika siang hari, tetapi pemandangan yang ada di sini sudah tidak perlu diragukan lagi. Oleh karena pertimbang tersebut, banyak calon pengantin yang memilih tempat ini menjadi lokasi untuk melakukan foto pre wedding. Udara yang panah tidak akan menghalangi semangat mendapatkan foto terbaik.

Rute Brown Canyon Semarang

Rute Brown Canyon berangkat dari wilayah Semarang Timur melalui jalan Fatmawati menuju kearah Rumah sakit Umum Kota Semarang daerah Ketileng, lalu pilih arah kiri yaitu kearah Perumahan Klipang Semarang kemudian menuju lokasi Klipang Golf. Dari Klipang golf Klipang Golf menuju kearah jembatan Besi. Setelah mencapai jembatan Besi ketiga akan menemui pertigaan, ambil yang ke arah selatan (belok kanan) dan terus lurus saja, kurang lebih 2 KM Anda akan sampai di lokasi Brown Canyon Semarang.

Bagi pengunjung yang dari arah Solo atau yogya bisa mengambil rute ke Brown Canyon dengan melaui Banyumanik. Dari Banyumanik ke arah Tembalang kemudian jalan terus sampai menuruni wilayah Sigar Bencah sampai dengan perempatan Pasar Meteseh. Sesampainya di pasar Meteseh langsung ambil jalan lurus hingga sampai di lokasi Brown Canyon Semarang.

Harga Tiket Masuk Brown Canyon Semarang

Untuk memasuki daerah di Brown Canyon Semarang tidak ada pemungutan biaya tiket masuknya, hanya saja ada pungli (Pungutan liar) sekitar Rp. 2.000 per-orang, di tempat ini belum ada tempat parkir dan juga belum ada fasilitas warung–warung disekitarnya. Anda dapat berkunjung ke Brown Canyon diluar jam kerja untuk menghindari debu dikarenakan masih aktifnya penambangan batu padas di kawasan tersebut. Jika anda datang sore hari, pemandangan senja dan sunset bisa anda nikmati di Brown Canyon.

Penasaran? Yuk kunjungi Brown Canyon sebagai tempat wisata di Semarang Jawa Tengah yang lagi naik daun karena keunikannya. Pastikan Anda mengambil photo di lokasi Brown Canyon tersebut yang pasti akan menambah wawasan wisata anda akan tempat-tempat eksotis di Semarang dan bisa membuat iri teman–teman anda dengan hasil foto anda di Brown Canyon tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here