SEMARANGkabarwisata.com, Candi Gedong Songo adalah nama sebuah kompleks bangunan candi peninggalan budaya Hindu yang terletak di desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia tepatnya di lereng Gunung Ungaran. Di kompleks candi ini terdapat sembilan buah candi.

“Candi ini diketemukan oleh Raffles pada tahun 1804 dan merupakan peninggalan budaya Hindu dari zaman Wangsa Syailendra abad ke-9 (tahun 927 masehi)”.

Lokasi sembilan candi yang tersebar di lereng Gunung Ungaran ini memiliki pemandangan alam yang indah. Selain itu, objek wisata ini juga dilengkapi dengan pemandian air panas dari mata air yang mengandung belerang, area perkemahan, dan wisata berkuda.

Pemandangan dan Keindahan Wisata Candi

Memang kawasan wisata di candi Semarang ini memiliki suhu yang dingin yaitu berkisar antara 19-27 celcius, memang tidak sedingin dataran Tinggi Dieng namun pemandangan yang diberikan tidak kalah dari tempat lain, dikarenakan tempat ini tinggi anda bisa melihat berbagai pemandangan kota dari ketinggian, pemandangan inilah yang banyak diburu oleh wisatawan.

Rute Kawasan Gedong Songo

Candi 1

Pertama anda menuju kawasan Gedong 1 dimana di tempat ini anda akan disambut oleh pintu candi dimana anda dikenakan biaya masuk 6.000, dengan harga tersebut cukup terjangkau untuk memberikan dana kepada pemerintah agar menjaga kelestarian dan kekokohan dari keindahan candi ini, bangunan gapura yang disuguhkan mirip candi dan adanya tempat pentas, kemudian disampingnya ada komplek candi Gedong 1.

Candi 2

Kawasan candi gedong songo 2 terletak sekitar 500 meter dari Candi 1, memang agak jauh namun jika anda sudah di Candi 2 maka hati anda cukup puas karena sudah bisa melihat semua candi yang ada disitu. Ada 2 jalur untuk menucu ke candi 2 yang satu untuk para pengendara dan satunya lagi untuk jalur kuda. Untuk menuju ke candi 2 banyak tersedia gazebo dan warung makan, jadi anda tidak usah kawatir jika kelaparan ditempat tersebut.

Untuk penyewaan kuda sendiri harganya sekitar 25.000 hingga 70.000, dengan kuda ini anda dimudahkan dalam mengitari komplek kawasan candi. Ketika anda sudah sampai ke kawasan candi 2 anda disuguhkan dengan pemandangan yang lebih indah dibanding kawasan 1, dengan letak pada ketinggian yang memiliki keindahan memukau.

Candi 3
Berbeda dari sebelumnya untuk menuju ke komplek candi 3 tidak jauh seperti jarak candi 1 ke kawasan candi 2, di dalam kawasan ini terdapat 3 buah candi dimana candi ini mirip dengan candi yang ada di Dieng, selain itu terdapat beberapa patung seperti patung Durga, Ganesa, pengawal Dewa Siwa Nandiswara dan Mahakala yang terletak disekitar 3 candi tersebut.

Daya Tarik Candi Gedong Songo

Perlu diketahui sobat kabarwisata.com, kawasan candi ini memiliki Bio energy terbesar dan terbaik di Asia. Bahkan, Bio energy yang berada di kawasan pegunungan Tibet saja kalah. Sungguh, sesuatu hal yang membanggakan dan juga mengesankan.

Satu hal lagi yang bakal membuat Sobat kabarwisata terkesan yaitu dengan ditemukannya sebuah emas dan juga perak di kawasan candi Gedong 4. Emas-emas ini asli dan menjadi sebuah penemuan yang mengesankan.

Bagaimana sobat kabarwisata?tertarik untuk berkunjung kesana?langsung saja cek lokasinya.

Selamat Berlibur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here