SEMARANGkabarwisata.com, Kampung Pelangi Semarang mulanya daerah tersebut bernama Kampung Wonosari. Namun, sejak disulap pemerintah kota, nama kampung tersebut berganti menjadi Kampung Pelangi Semarang Kalisari. Rumah-rumah yang awalnya kumuh, kini serupa pelangi. Cat dengan warna ceria sekarang mempercantik kampung itu dari ujung ke ujung.

Ide awal modifikasi kampung ini terbilang unik karena terlahir dari seorang kepala sekolah bernama Slamet Widodo yang ingin kampungnya jadi lebih indah. Bersama anak-anak SMP dan seniman lokal, kampung ini dibuat lebih indah dan mampu menarik perhatian seluruh dunia. Pemberitaan beberapa portal berita internasional juga menambah popularitas kampung ini, sebut saja Reuters, Buzzfeeds, hingga portal berita fashion, Vogue.
Sekarang, Kampung Wonosari ini bukan lagi kampung biasa. Tampilannya berubah indah dan terasa lebih hidup ketika berjalan-jalan di gangnya yang sempit nan berwarna.

Alamat dan Rute Lokasi

Alamat kampung pelangi terletak di Jl. DR Sutomo No.9, Randusari kecamatan semarang selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50224. Bila anda berada di luar kota semarang, maka ada alternatif transportasi yang bisa dipilih. Ada pesawat, kereta api, dan juga bus.

Bagi anda yang tidak ingin repot maka, anda bisa menggunakan transportasi umum seperti bus. Atau juga bisa menggunakan ojek dan taksi online yang harganya mulai dari 5 ribu rupiah hingga 30 ribu rupiah.
Bila anda memulainya dari Stasiun Semarang Tawang waktu yang harus ditempuh kurang lebih 17 menit atau membutuhkan jarak 4,1 km.

Rute menuju kampung pelangi bisa melalui jalan pemuda, yang sebelumnya anda harus masuk terlebih dahulu ke jalan Merak, Jalan Branjangan, dan jalan letjen suprapto.

Kemudian, masuk ke jalan pemuda, jalan DR. sutomo dan tidak lama kemudian, anda akan tiba di titik lokasi.

Bila dari Bandara Ahmad Yani jarak yang dibutuhkan adalah 7,2 km atau membutuhkan waktu 17 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Jalan menuju kampung pelangi juga bisa dimulai dari terminal bis terboyo yang hanya membutuhkan waktu 3 menit sampai 5 menit. Karena, jaraknya yang hanya 8 km saja.

Daya Tarik Kampung Pelangi Semarang

Berikut hal menarik yang bisa anda nikamti ketika berkunjung kesini.

1. Suasana Artistik

Saat anda mencoba berkeliling ke seluruh Lokasi wisata kampung pelangi, anda akan merasakan suasana artistic hadir diantara beberapa lukisan yang terlihat menawan.

Ada beberapa tokoh pewayangan jawa yang bisa kita ambil pelajarannya, flora dan fauna yang mengesankan. Hingga, etnis tionghoa pun tersaji di sini.

Lebih menariknya lagi, hiasan-hiasan yang digunakan sebagian besar berbahan dasar sampah bekas. Tetapi, bisa dikelola sedemikian rupa, membuat kawasan ini tambah memikat hati anda. Rasanya waktu 2 jam akan sangat kurang apalagi, bagi anda yang hobi self-selfi.

Selain itu, property bunga juga terlihat sangat indah dan asri. Menghadirkan rona yang berbeda dari lainnya. Ada mawar, lili, matahari yang dikemas dengan bentuk bucket. Selain bisa foto anda juga bisa membeli beberapa koleksi bunga disini.

Tepatnya di pasar bunga yang 1 tangkai mawar akan diberi harga mulai dari 5 ribu rupiah saja. Selain itu, ada pula krisan yang dibanderol dengan harga 10 ribu rupiah untuk 3 tangkainya.

Selain itu, ada hiasan payung-payung seperti halnya festival payung yang membuat hasil foto anda bertambah kece dan menarik di pandang.

2. Taman Kasmaran

Tidak jauh dari kampung dan masih menjadi satu kompleks dengan kampung pelangi adalah taman kasmaran.

Ada dua lantai yang bisa anda nikmati, untuk yang dibawah digunakan sebagai tempat kuliner dan yang atasnya barulah sebagai taman yang asri dan sejuk.

Nama kasmaran ini sendiri bukan tanpa alasan. Melainkan, kasmaran ini adalah sebuah singkatan dari Kalisari semarang.

Dari titik ini, anda bisa melihat bagaimana keindahan kampung dari atas ketinggian. Sungguh indah nian, Pagi saja sudah menarik seperti ini, apalagi kalau malam nanti, pasti akan tambah asyik.

3. Kuliner dan Souvenir khas

Bagi anda yang lelah setelah berkeliling seluruh area dari sudut hingga ke sudut lagi dan mungkin merasakan lapar melanda.

Anda bisa pergi ke lantai 1 taman kasmaran yang menyediakan berbagai macam menu makanan yang nikmatnya menggoda. Ada lunpia semarang asli yang khas dan rasanya membuat lidah anda tidak akan bisa berhenti bergoyang.

Untuk harganya pun tidak terlalu mahal. Mulai dari 10 ribu rupiah saja, anda sudah bisa menikmati berbagai macam menu disini. Untuk minumannya juga beragam. Mulai dari aneka jus hingga milkshake pun hadir memenuhi keinginan anda.

Sebelum pergi jangan lupa sempatkan membeli beberapa souvenir yang juga tesedia disini. Ada gantungan kunci, kaos, dan masih banyak lagi dengan harga mulai dari 5 ribu rupiah.

4. Penginapan sekitar

Setelah puas menikmati berbagai macam keindahan yang ada di kampung pelangi, saatnya anda untuk beristirahat di penginapan yang nyaman.

Nah, di sekitar objek wisata ini terdapat sebuah penginapan yang cocok untuk anda. Aston inn Pandanaran semarang adalah tempatnya.

Tersedia dengan berbagai macam fasilitas termasuk kolam renang yang berada di atas ketinggian. Sehingga, saat anda berenang, anda bisa melihat pemandangan sekitar dan rapatnya rumah-rumah di sini. Jarak menuju ke kampung pelangi hanya 15 menit jalan kaki dan 25 menit naik mobil.

Penginapan ini lebih tepatnya terletak di Jalan Pandanaran No. 40, pekunden, Kecamatan semarang tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50134.

Harga per malam per kamarnya pun mulai dari 450 ribuan saja. Fasilitas lain yang bisa anda nikmati adalah restaurant yang menyediakan berbagai macam makanan yang super nikmat.

Harga Tiket Masuk Kampung Pelangi Semarang

Tempat wisata unik ini sebenarnya adalah kawasan pemukiman penduduk. Sehingga untuk masuk ke kawasan wisata Kampung Pelangi Semarang tidak perlu membayar tiket masuk. Wisatawan hanya dikenakan tiket parkir saja yang juga sangat murah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here