SEMARANGkabarwisata.com, Semarang merupakan sebuah kota yang identik dengan wisata budayanya.
Salah satu destinasi wisata yang terkenal di Semarang adalah Sam Poo Kong.
Sam Poo Kong dengan dominasi warna merah dan kuning khas China.

Sam Poo Kong merupakan sebuah tempat bersejarah untuk mengenang Laksamana Cheng Ho yang sempat berlabuh di Utara Jawa.
Tepatnya di Jalan Simongan Raya No. 129, Semarang.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati bagaimana sejarahnya laksamana ceng ho yang terkenal sebagai pelaut asal tiongkok yang melakukan pendaratan pertama di Semarang.

Sebelum menjadi Klenteng Sam Poo Kong nama dari objek wisata ini adalah Gedung batu. Dimana, disinilah kita bisa menikmati kisah Laksamana Zheng atau ceng ho yang ternyata memeluk agama Islam.

Tempat ini merupakan petilasan beliau yang terawat dengan baik dan sangat terjaga kebersihannya. Sehingga, diharapkan saat mengunjungi tempat ini anda benar-benar menjaga kebersihan dan juga ketenangan.

Rute menuju Sam Poo Kong

Akses menuju destinasi wisata religi Sam Poo Kong terbilang cukup mudah karena lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota Semarang.
Kamu bisa menuju arah Simpang Lima Semarang dan mengambil arah melewati Jalan Pahlawan hingga sampai di perempatan depan Polda Jateng.
Sesampainya di perempatan, belok ke kanan melewati Jalan Veteran hingga sampai di RSUP Dr. Kariadi.
Tepat di depan RSUP Dr. Kariadi silahkan belok ke kiri dan ikuti jalan tersebut.
Klenteng Sam Poo Kong berada di kiri jalan setelah jembatan.

Daya Tarik

Wisata Sam poo kong di Bongsari Semarang Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Wisata Sam poo kong di Bongsari Semarang Jawa Tengah juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kelenteng Sam Po Kong merupakan bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok yang bernama Zheng He / Cheng Ho. Wisata Sam poo kong di Bongsari Semarang Jawa Tengah biasa disebut Gedung Batu, karena bentuknya merupakan sebuah Gua Batu besar yang terletak pada sebuah bukit batu. Hampir di keseluruhan bangunan bernuansa merah khas bangunan China.

Untuk keperluan tersebut, di dalam gua batu itu diletakan sebuah altar, serta patung-patung Sam Po Tay Djien. Padahal laksamana Cheng Ho adalah seorang muslim, tetapi oleh mereka di anggap dewa. Hal ini dapat dimaklumi mengingat agama Kong Hu Cu atau Tau menganggap orang yang sudah meninggal dapat memberikan pertolongan kepada mereka.

Karena seluruh area lebih dimaksudkan untuk sembahyang, tidak semua orang boleh memasukinya. Bangunan kuil, baik yang besar maupun yang kecil dipagari dan pintu masuknya dijaga oleh petugas keamanan. Hanya yang bermaksud sembahyang saja yang diijinkan masuk sedangkan wisatawan yang ingin melihat lihat bisa melakukan dari balik pagar. Di halaman yang cukup luas di depan kelenteng, terdapat sejumlah patung, termasuk patung Laksamana Cheng Ho, yang cukup menarik untuk dinikmati.

Di sinilah atraksi atraksi kesenian berupa tari tarian, barongsai atau bentuk kesenian lain digelar untuk memperngati hari hari bersejarah yang berhubungan dengan Cheng Ho atau budaya China. Perayaan disertai dengan arak-arakan, bazaar, dan festival Barongsai. Hari hari besar lainnya yang dirayakan di sini termasuk di antaranya Hari Raya Imlek dan hari kelahiran Cheng Ho. Kedatangan turis asing, terutama dari China, menunjukkan bahwa Sam Poo Kong dikenal luas di dunia.
Harga Tiket Masuk dan Rute Menuju Sam Poo Kong Semarang

Berikut informasi harga tiket masuk dan rute menuju Sam Poo Kong

Weekdays
Dewasa : Rp 7.000 (masuk area wisata) dan Rp 27.000 (masuk area sembahyang).
Anak-anak: Rp 5.000 (masuk area wisata) dan Rp 15.000 (masuk area sembahyang).
Wisatawan asing: Rp 10.000 (masuk area wisata) dan Rp 40.000 (masuk area sembahyang).
Wisatawan asing anak-anak: Rp 7.000 (masuk area wisata) dan Rp 25.000 (masuk area sembahyang).
Weekend
Dewasa : Rp 10.000 (masuk area wisata) dan Rp 28.000 (masuk area sembahyang).
Anak-anak: Rp 8.000 (masuk area wisata) dan Rp 15.000 (masuk area sembahyang).
Wisatawan asing: Rp 15.000 (masuk area wisata) dan Rp 45.000 (masuk area sembahyang).
Wisatawan asing anak-anak: Rp 8.000 (masuk area wisata) dan Rp 28.000 (masuk area sembahyang).
Khusus pengunjung yang datang untuk berdoa (sembahyang), uang tiket masuk akan dikembalikan sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.
Sam Poo Kong buka mulai pukul 08.00 – 21.00 WIB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here