KUDUS – kabarwisata.com Hidangan soto bukan lagi kuliner yang asing bagi orang Indonesia. Hampir setiap daerah di Indonesia bahkan memiliki jenis soto masing-masing. Meski sama-sama ‘soto’, namun sajian dan rasa yang disajikan di masing-masing daerah berbeda. Seperti Soto Kudus misalnya. Dalam satu mangkuk Soto Kudus bukan daging ayam yang digunakan, tapi daging kerbau.

Jika Anda kebetulan di Kudus dan ingin mencicipinya, salah satu hidangan soto yang terkenal nendang dan recommended untuk dicicipi adalah Soto Kudus Bu Jatmi.

Selain daging kerbau yang menjadi pembeda, soto ini memiliki isian yang berbeda dari soto kebanyakan. Yakni kuahnya yang kuning sedikit kental dan isian soto yakni kecambah yang melimpah dan irisan seledri.

Taburan bawang goreng, irisan jeruk nipis, sambal dan kecap juga disajikan dalam semangkuk Soto Kudus Bu Jatmi menambah gurihnya soto yang berlokasi di  Jalan Kyai Haji Wahid Hasim No.43, Panjunan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah ini.

“Soto Kudus asli sebetulnya tidak menggunakan sohun. Bumbu yang dipakai bawang putih, bawang merah, terasi, taoge, laos, merica, pala, jinten. Inilah yang membuat soto kudus lebih khas Kudus,” kata pemilik Soto Kudus “Sederhana” Bu Jatmi

Hidangan soto di kedai ini biasanya disajikan dengan menu perkedel, gorengan, atau sate seperti kebanyakan soto di Indonesia.

Harga satu porsi soto dihargai Rp12.000 dengan porsi mangkuk besar. Harga ini terbilang sangat murah karena daging yang digunakan dalam seporsi soto kudus adalah daging kerbau yang terkenal mahal. Meskipun begitu, Anda bisa menikmati daging kerbau yang melimpah saat memesannya.

Selain di Kudus, Anda juga bisa menikmati soto ini di Jakarta di Jalan Daan Mogot, seberang Mal Ciputra, Jakarta Barat. Cita rasanya sama persis dengan aslinya di Kudus. Dijamin bikin ketagihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here