SEMARANGkabarwisata.com Dinas Perdagangan bersama jajaran TNI dan Polri terus mengecek dan mengingatkan masyarakat yang beraktivitas di pasar tradisional maupun pasar modern.

Pihaknya diminta tetap menerapkan protokol kesehatan. Upaya ini agar masyarakat terbiasa menerapkan hal tersebut saat new normal diberlakukan di Kota Semarang.

Terbaru, tim gabungan melakukan sosialisasi di Pasar Rasamala, Pasar Damar, dan Paragon Mall, Minggu (31/5/2020).

Petugas memastikan masyarakat telah menerapkan protokol kesehatan secara benar. Antara lain wajib memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan atau memakai hand sanitizer sebelum memasuki pasar.

“Kami tidak berhenti.”

“Kami sosialisasikan terus protokol kesehatan agar masyarakat terbiasa.”

“Apabila PKM nanti sudah berakhir dan berlanjut ke new normal, apa-apa yang sudah bagus teruskan, semisal terbiasa pakai masker, jaga jarak, dan sebagainya,” terang Fravarta.

Pasar maupun pusat perbelanjaan modern ini menjadi tempat berkumpulnya orang setiap hari.

Mereka bertransaksi baik secara tunai maupun non tunai.

Dia pun mengimbau masyarakat untuk sering mencuci tangan setiap setelah melakukan transaksi agar memutus penularan covid-19.

“Kami ingin masyarakat biasakan mencuci tangan setelah transaksi.”

“Masyarakat juga bisa menggunakan berbagai aplikasi untuk berbelanja sehingga tidak perlu bertansaksi secara langsung, ada Tumbasin, ada Go Shop, silakan dimanfaatkan,” ujarnya.

Karena pasar dinilai sangat rentan terjadi penularan, pihaknya bersama Dinas Kesehatan Kota Semarang pun akan terus melakukan rapid maupun swab test secara bergantian di pasar-pasar baik tradisional maupun modern.

Sebelumnya, rapid dan swab test massal sudah dilakukan di sejumlah pasar antara lain Pasar Peterongan, Pasar Karangayu, Pasar Gunungpati, Pasar Ngaliyan, Pasar Kobong, dan lainnya.

“Besok kami bersama Dinas Kesehatan akan melakukan test masal di Pasar Rasamala,” tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here