DIENG, kabarwisata.com – Sejumlah kejutan siap dihadirkan dalam Dieng Culture Festival (DCF) 2017 yang digelar 4-6 Agustus 2017. Beberapa atraksi baik seni, budaya termasuk keelokan alam Dieng akan memanjakan pengunjung.

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dieng Kulon sebagai pemrakarsa sekaligus penyelenggara DCF terus mematangkan persiapan DCF 2017. Pendekatan-pendekatan terhadap pengisi acara dari luar Dieng maupun konsolidasi internal di kepanitiaan. Para pengisi dari Dieng Kulon juga mulai melakukan latihan-latihan untuk pentas.

Ketua Panitia DCF Alif Fauzi menyampaikan, hal-hal baru dalam pelaksanaan DCF 2017 ini, ibarat ‘festival dalam festival’. Diantaranya adalah Festival Caping Gunung. Festival ini melibatkan pengunjung untuk aktif.

“Banyak yang baru dalam gelaran DCF tahun ini. Kami siapkan banyak kejutan. Silakan agendakan hadir di Dieng pada Jumat-Minggu di pekan pertama bulan Agustus,” ujarnya, dalam rilis yang diterima kabar wisata.com.

Disampaikannya, bagi pengunjung yang membeli tiket bersuvenir, akan mendapat 1 caping dan 1 kuas serta disediakan cat warna-warni untuk menghias caping tersebut.

Selain itu, atraksi baru dalam DCF 2017 adalah pergelaran Sendratari Rambut Gembel yang dimainkan oleh warga Dieng. Sendratari Rambut Gembel ini bekerja sama dengan ISI Surakarta. Berdurasi sekitar 1 jam.

“Untuk yang pertama ini 50% pemain lokal 50% pemain dari ISI. Ke depannya, semoga bisa seluruhnya warga Dieng,” tambah pemilik Acasia Homestay ini.

Pihaknya juga menggelar seminar atau workshop. Seminar ini diberi tajuk ‘Kongkow Budaya’, membincangkan persoalan-persoalan budaya dan pariwisata di Dieng.

Sementara, kejutan yang ditunggu yakni Jazz Atas Awan, perihal artis yang akan tampil masih dirahasiakan. Panitia DCF berkomitmen untuk tidak mem-publish siapa artis yang akan tampil dalam DCF ini. Hal yang sama juga dilakukan pada tahun lalu.

“Untuk tahun ini pun kami simpan rapat-rapat artis yang akan tampil dalam Jazz Atas Awan 2017. Kami ingin orang hadir ke DCF bukan karena artisnya, bukan mengejar artisnya. Tapi ke Dieng karena DCF dan mendapat kejutan suguhan artis kelas atas,” ujarnya.

Menurut Alif, Kementerian Pariwisata juga akan memberi kejutan dengan membantu menghadirkan artis penyanyi jazz. Siapa yang hadir, juga masih rahasia. “Kalau mau terkejut-kejut agendakan saja ke Dieng pada tanggal 4-6 Agustus itu,” lagi-lagi Alif berpromosi.

Selain yang diuraikan di atas, Dieng Culture Festival 2017 dengan tema The Spirit of Culture berisikan sejumlah acara. Di antaranya Ritual Cukur Rambut Gembel, Akustik Atas Awan, Kirab Budaya, Parade Kesenian, Pesta Lampion, Ekspo UKM dan Purwaceng.

Lokasi kegiatan semuanya di seputaran Komplek Candi Arjuna, Dieng Banjarnegara. DCF ini sudah menjadi agenda tahunan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara. (aaw)

2 COMMENTS

    • Setelah dicanangkan Kemenpar menjadi empat masterplan destinasi wisata (Karimunjawa, sangiran, Borobudur, dieng) dieng kini bersokek kak

LEAVE A REPLY