Buka Penerbangan Semarang – Makassar Satu Kali Sehari

SEMARANG, kabarwisata.com – Para wisatawan dan bisnisman bahkan pelajar dari wilayah Indonesia Timur yang ada di Semarang kini bisa langsung melakukan penerbangan tanpa harus transit saat menuju Makassar.

Sriwijaya Air resmi membuka penerbangan perdana direct (langsung) Semarang – Makassar, Jumat (28/4) malam, dengan slot jadwal satu kali penerbangan dalam sehari melalui Gate 4 pemberangkatan internasional Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang.

District Manager Sriwijaya Air Semarang, Budi Sasongko menyampaikan, penerbangan langsung ini ditandai dengan Inaugural Flight (menyambut kedatangan) penumpang perdana yang terbang dari Makassar dilanjut pemberangkatan penumpang dari Semarang ke Makassar.

“Ini luar biasa, dari Makassar penuh sekitar 148 penumpang, sedangkan dari Semarang ada 135 penumpang atau 94 persen okupansi,” katanya.

Dia menyampaikan, jika potensi penerbangan dari Semarang ke Makassar sangat potensial. Ditandai dengan on hand tiketing pada lingkungan weekend 1 Mei ini sudah ada sekitar 72 persen.

“Apalagi di Semarang banyak komunitas Makassar dan Papua, mereka pelajar seperti UKSW Salatiga, PIP Pelayaran, Untag, Akpleni, Unika Sugijapranata dan lainnya, mereka menyambut antusias saat kami lakukan survei,” terangnya.

Jadwal penerbangan sengaja diambil malam hari, selain slot penerbangan yang kosong juga efektifitas perjalanan malam hari yang bisa dimanfaatkan untuk istirahat. Diperkirakan lama jam penerbangan 2 jam 45 menit.

” Malam hari efektif istirahat, jika siang malah habis diperjalanan karena ada perbedaan waktu wilayah satu hari,” tambahnya.

Dia juga menyatakan rute langsung ini sebenarnya tidak berhenti di Makasar saja, lebih dari itu terkoneksi dengan penerbangan menuju wilayah Timur Indonesia seperti Papua Dan sekitarnya.

“koneksi jaringan Sriwijaya Air sudah terbuka dari Makasar menuju wilayah Timur lainnya karena feeder kita sudah terbentuk, yang ke Raja Ampat, Morotai, Luwuk dan lainnya akan gampang terkoneksi,” katanya.

Sementara, General Manager PT Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Ahmad Yani Semarang Kol Cpn Maryanto mengapresiasi langkah Sriwijaya Air yang melihat peluang untuk membuka rute menuju Indonesia Timur.

“Selama Bandara masih ada slot penerbangan, maka boleh saja dimanfaatkan. Sriwijaya Air memanfaatkan slot pada jam malam ini kami rasa sangat efektif lantaran tidak terlalu sibuk dibanding jam siang hingga sore,” paparnya.

Dia juga menyatakan jika di Mei ini akan ada penambahan slot penerbangan langsung internasional dari Semarang ke Kuala Lumpur oleh maskapai Air Asia. (aaw)

LEAVE A REPLY