SEMARANG, kabarwisata.com – Aksi teatrikal unik ditampilkan oleh staf dan karyawan Hotel Star Semarang dalam menyambut bulan Ramadhan. Berkostum ala hantu, mereka melakukan prosesi ‘Larung Iblis’ di kolam renang Sky Pool lantai 30 hotel.

Kostum unik yang dibawakan diantaranya ada suster ngesot, kuntilanak, pocong, tuyul, dan buta ijo, dengan dirantai mereka diberi label berupa hawa nafsu manusia seperti setan ngrasani, setan nesuan, setan dengki, dan setan wadulan. Ada juga wujud sang kyai yang diperankan oleh General Manager Hotel Star Benk Mintosih.

“Wujud setan itu menggambarkan sifat manusia yang kadang masih suka ngrasani, dengki, marah, dan perbuatan maksiat lainnya. Kita larung dalam kolam renang sebagai wujud membersihkan diri,” katanya, Selasa (23/5).

Para ‘setan’ tersebut lalu dimasukan (larung) ke dalam kolam renang dengan dipanjatkan doa oleh ‘sang kyai’ guna mensucikan diri menyambut bulan puasa.

” Sifat buruk itu kami larung di kolam sebagai simbol akan larutnya sifat tersebut bertepatan dengan akan hadirnya bulan Ramadan,” katanya.

‘Larung Iblis’ ini guna menghilangkan sifat buruk, harus ada sifat positif dari manusia dalam kehidupan sehari-hari, sehingga suasana di bulan Ramadhan menjadi tentram dan nikmat dijalani.

Terpisah, Public Relations Star Hotel Semarang, Ratih Sotya menambahkan jika aksi treatikal yang disajikan kemarin adalah wujud syukur management hotel menyambut bulan suci Ramadhan. “ Kegiatan ini rencananya akan dilakukan rutin setiap tahun, dan memasuki tahun kedua, kedepan sambil menunggu buka puasa, kami akan menyelenggarakan kegiatan positif seperti ngabuburit, dan khataman,” ujarnya.

Selain itu, untuk memeriahkan bulan Ramadhan, rencananya pihak management hotel akan membuat miniatur Masjid Haram yang terbuat botol air mineral bekas. Minatur setinggi dua meter itu menghabiskan bahan baku botol air mineral bekas sebanyak 6 ribu buah.

“Minatur masjid ini, dibuat selama dua minggu, dengan memanfaatkan botol air mineral bekas dari tamu hotel,” katanya. (aaw)

LEAVE A REPLY