Danau Laut tawar menyajikan petualangan yang berbeda dengan keindahan yang eksotis

ACEH – kabarwisata.com, Takengon yang terletak di dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah menawarkan segala sesuatu yang bisa ditawarkan Hallstatt dan Montreux dalam bentuk mentahnya. Keindahan alam yang disajikan orkestrasi Danau Laut Tawar, perbukitan yang mengelilingi, ketinggian yang menyejukkan di Takengon dengan Keindahan yang ditawarkan kota yang berada di ketinggian 1.300 meter dari permukaan laut.

Keindahannya sangat luar biasa. Airnya masih jernih. Danau ini tidak dikotori dengan keramba-keramba yang mengakibatkan kondisi danau menjadi kotor dan tidak layak dinikmati. Belum terjadi kerusakan di sekitar danau. Pinggir-pinggir danau masih alami dan pohon-pohon pinus masih tumbuh dengan rapat.

danau laut tawarDanau Laut Tawar dapat dikelilingi dengan mobil selama 2 jam perjalanan. Tidak sebanding dengan Danau Toba yang membutuhkan setidaknya 12 jam untuk mengelilingi pulau Samosirnya saja. Luasnya kurang lebih 5.472 hektare dengan panjang 17 km dan lebar 3,219 km.

Bukit-bukit yang mengelilingi Takengon dan Danau Laut Tawar tentunya bisa diciptakan menjadi lokasi wisata yang menarik. Mendaki bukit di Takengon bisa menjadi satu pilihan wisata. Sangat banyak titik-titik yang bisa didatangi untuk menikmati keindahan danau dan kota ini dari ketinggian. Tempat-tempat berkemah bisa diciptakan. Jalur-jalur tracking bisa diciptakan.

danau laut tawar
Kota Takengon dan Danau Laut Tawar dari ketinggian Panten Terong di ketinggian 1.700 meter dari permukaan laut

Atraksi lain yang dapat dinikmati wisawatan di Takengon adalah pacuan kuda. Pacuan kuda yang mirip dengan pacuan jawi di Padang. Jokinya anak-anak kecil berusia sekolah dasar dengan kuda lokal. Pertandingan di laksanakan dua kali setahun. Pelaksanaan pacuan kuda dilakukan untuk memperingati ulang tahun Kota Takengon yang jatuh di setiap bulan Februari. Setiap perayaan hari kemerdekaan, pacuan kuda ini juga menjadi atraksi yang dinanti-nanti pengunjung. Dua bulan itu menjadi waktu yang banyak dikunjungi masyarakat

Sebenarnya Takengon, Danau Laut Tawarnya, bukit-bukitnya, bentang alamnya berorkestrasi menciptakan keindahan yang luar biasa. Hanya bisa dinikmati ketika didatangi, tidak lewat gambar.  Takengon, kota yang sudah berusia 440 tahun ini, sudah sewajarnya menjadi salah satu keindahan dari seribu tempat yang wajib dikunjungi sebelum mati.(Ganung)

LEAVE A REPLY