WONOGIRI – kabarwisata.com, Provinsi Jawa Tengah banyak menyimpan potensi wisata yang teramat indah. Tempat wisata yang ada kebanyakan berupa tempat wisata alam, baik berupa suguhan keindahan alam murni, maupun yang mempunyai nilai sejarah dan religi. Salah satunya adalah Kabupaten Wonogiri.

Kabupaten yang terletak di pucuk timur Provinsi Jawa Tengah ini pun memilik pesona wisata yang tak kalah menarik. Wisata Bukit Gantole Wonogiri sebenarnya adalah kawasan olahraga untuk paralayang. Landasan paralayang dan bukit bebatuan jadi spot yang paling di kagumi parawisatawan domestik, khususnya anak muda. Dari tempat ini akan terlihat jelas pemadangan alam yang menajubkan yang masih terlihat asri.

Pemandangan Alam Bukit Gantole Area Waduk Gajah Mungkur dengan air yang kebiruan pun bisa di saksikan keindahannya dari sana. Keindahan panorama alam ini biasanya dimanfaatkan oleh pengunjung yang datang untuk berselfie ria kemudian memamerkannya di sosial media.

Selain berfoto foto di sana pun pengunjung dapat nongkrong atau berileksasi dengan semilir angin angin sepoi di atas bukit ditambah pemadangan hamparan alam yang eksotis yang bikin hati merasa sejuk.

Awalnya, Gantole Wonogiri alamat yang pertama berada di Dusun Prampelan. Puncak tersebut bernama Watu Cenik. Dalam bahasa Jawa, watu mempunyai arti batu, sedangkan cenik berarti sendiri. Bila digabungkan bisa membentuk arti sebuah batu yang berada di atas puncak bukit.

Landasan peluncuran tersebut pada zaman dahulu hanya berupa kayu. Para atlet menganggap tempat tersebut kurang aman sampai tim menemukan tempat yang lebih tinggi dan nyaman sebagai lokasi peluncuran. Lokasi bukit Gantole Wonogiri 1 ini berada di Desa Sendang. Hingga kini, wisata Watu Cenik mashur sebagai spot untuk melakukan foto selfie dengan pemandangan yang amat elok.

Terlihat hamparan kebiruan waduk gajah mungkur

Ketinggian Gantole Wonogiri Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah Indonesia ini mulai dari 50 hingga 300 meter di atas permukaan laut. Anda akan dibawa menuju puncak bukit dengan perjalanan menanjak. Untuk transportasi, pastikan Anda mengendarai kendaraan pribadi berupa sepeda motor, dan, kendaraan Anda harus benar-benar dalam kondisi baik. Gantole Wonogiri jalan ini merupakan satu-satunya akses jalan, sehingga mau tidak mau, pengunjung harus melalui jalan tersebut. Tapi jangan khawatir, rasa pegal dan lelah akan segera dibayar lunas oleh pandangan mata terhadap panorama yang disajikan.

Hamparan langit yang berwarna jingga

 

 

 

 

 

 

 

Selain pantai, tempat yang paling tepat untuk menikmati keindahan pesona sunset adalah di puncak ketinggian. Ketika Anda hendak menikmati pemandangan matahari tenggelam, Anda bisa datang ke tempat ini pada waktu sore hari. Wisata gantole memang banyak dicari oleh penikmat sunset dari semua kalangan. Pancaran sinar oranye di perairan waduk akan menambah keindahan pemandangan sore menjelang petang di Kabupaten Wonogiri ini.

Untuk menikmati sunset di puncak Bukit Joglo, Anda tidak dikenakan biaya sama sekali. Cukup membayar retribusi parkir sebesar Rp. 2.000 saja. Tiba di tempat parkir, Anda sudah akan disuguhi pemandangan alam yang nyentrik. Sebetulnya ada warung makan kecil-kecilan yang berada di puncak, namun warung makan tersebut hanya menyediakan makanan ringan. Segera agendakan libur panjang Anda untuk melihat pemandangan Sunset di Bukit Gantole Wonogiri. (ganung)

 

LEAVE A REPLY