BANYUMAS, kabarwisata.com – Curug atau air terjun dengan satu atau dua anak air terjun sudah biasa. Menjadi luar biasa jika curug memiliki tujuh anak air terjun, seperti yang dimiliki Curug Nangga yang ada di Desa Petahunan Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas.

Lokasi bentang alam yang masih asri dengan sekeliling terasiring sawah dan hutan, ditambah orisinalitas kehidupan masyarakat pedesaan menjadikan perjalanan menuju Curug Nangga tak kalah dengan suasana di Pulau Dewata, Bali.

Sejak ramai di media sosial dan media membicarakan tentang keindahan curug yang mempunyai 7 tingkat air terjun ini. Kini Curug Nangga menjadi salah satu destinasi wisata baru di Kabupaten Banyumas, banyak warga yang berdatangan untuk melihat keindahan curug tersebut.

Aksesnya cukup mudah, dari arah Purwokerto menuju Tegal, sampai di Kecamatan Pekuncen akan ada arah petunjuk kiri jalan Curug Nangga. Jalan halus dan beraspal bisa dilalui kendaraan roda dua atau empat. Hanya saja waspada karena banyak tanjakan dan turunan berkelok tajam karena memang Desa Petahunan dikenal Desa Di Atas Awan.

Setelah sampai di pintu gerbang, kendaraan bisa diparkir. Lalu berjalan kaki menyusuri jalan berbatuan rapi dengan eksotisme terasiring sawah di kanan kiri. Selama perjalanan sebenarnya Curug Nangga sudah terlihat dari jauh, terlihat indah dengan tangga curug bertingkat yang terlihat seperti bukit bebatuan yang besar.

Untuk dapat menikmati keindahan alam curug nangga, pertama saat memasuki area parkir, wisatawan cukup membayar Rp 2.000 untuk parkir motor. Selanjutnya para wisatawan kembali membayar Rp 3.000 untuk mendapatkan tiket saat memasuki lokasi. Senyum ramah warga Desa Petahunan pun tak akan lepas selama perjalanan menuju ke lokasi curug.

“Iya semua kita rapihkan murni masih menggunakan dana desa. Kita buat akses jalan dengan menata batu alam sekitar 1 kilometer untuk menuju ke Curug Nangga,” Junadi, slaah satu warga Desa Petahunan.

Curug Nangga yang dialiri Kali Arus ini mempunyai total ketinggian sekitar 200 meter. Dengan setiap undak-undakan air terjun yang mempunyai ketinggian sekitar 20 hingga 30 meter lebih. Ketujuh air terjun itupun mempunyai nama sendiri-sendiri.

“Yang paling atas itu namanya Curug Nangga lalu yang kedua Curug Cikidang, Curug Gomblang, Curug Pewinian, Curug Bantar Pewinian, Curug Lunjar, dan yang terakhir ini curug Benda,” jelasnya.

Diakhir pekan Sabtu dan Minggu pengunjung bisa sampai sekitar 2.000 hingga 3.000 pengunjung, kalau hari biasa sekitar 400 pengunjung.

Sementara, Dian Ekaningrum pengunjung asal Semarang yang mengaku terhipnotis keindahan Curug Nangga yang jarang ada di dengan tujuh air terjun. Dia tahu keberadaan Curug lantaran ikut mudik keluarga ke Bumiayu Brebes dan diajak telusur wisata alam ini.

“Tadi sampai tujuh air terjun saya capai,, diatas sangat bagus pemandangannya bahkan aliran air sungai datar diatas eksotis sekali dengan bebatuan alami yang tersusun indah, ya lumayanlah dibanding destinasi wisata lain di Banyumas, ini unik karena ada tujuh tingkat, terus suasana alamnya ini benar-benar masih asri,” katanya. (aaw)

LEAVE A REPLY