“Camoik” adalah istilah atau sebutan dari masyarakat Bangka untuk kolong atau bekas galian tambang yang sudah tidak terpakai. Sedangkan “aek” merupakan bahasa asli Melayu Bangka yang berarti air.
Camoi Aek Biru ini bisa dijadikan destinasi yang cocok, Tempat ini menawarkan panorama perairan biru yang dikelilingi gundukan pasir putih bekas ekploitasi tambang yang telah mengeras, sekilas menyerupai salju.

PULAU BANGKAkabarwisata.com – Saat berada di provinsi Bangka Belitung rasanya tidak sempurna kalau tidak sekalian berwisata menikmati tempat tempat yang indah yang di miliki daerah tersebut, salah satu yang menjadi faforit dari masyarakat kota ini adalah memiliki danau yang sangat indah, sebut saja Danau Kaolin dan Danau Camoi Aek Biru. Banyak para wisatawan dan para pendatang yang berkunjung ke Danau Kaolin mereka rata rata mengatakan Danau Kaolin adalah sebuah danau yang sangat indah. Akan tetapi danau sama indahnya juga ternyata dapat anda temukan di Bangka.

Sebagai penghasil timah terbesar, Kepulauan Bangka Belitung tentu memiliki banyak sekali bekas galian tambang yang sudah tidak terurus. Namun, Bangka juga dikenal sebagai destinasi wisata favorit nasional.

Kali ini JakartaVenue akan mengulas salah satu destinasi wisata di kepulauan Bangka yang menawarkan panorama biru yang indah bak lukisan. Berada di Desa Air Bara, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, ada sebuah danau indah bernama Camoi Aek Biru. Nama lokasi wisata ini berasal dari masyarakat Bangka sendiri.

“Camoik” adalah istilah atau sebutan dari masyarakat Bangka untuk kolong atau bekas galian tambang yang sudah tidak terpakai. Sedangkan “aek” merupakan bahasa asli Melayu Bangka yang berarti air. Kata biru merujuk pada warna air pada bekas galian tambang.

Saking indahnya danau yang dimaksud tersebut akan sangat cocok di jadikan tempat untuk menghilangkan rasa lelah bahkan sekedar bersantai menikmati panorama keindahan yang ditawarkan Danau ini, mengisi hari libur bersama keluarga. Jadi wisatawan yang datang tak hanya disuguhi panorama menawan akan tetapi juga dapat bermain-main bahkan berenang.

Banyak dari masyarakat yang berkata kalau air Danau Camoi Aek Biru dapat membuat kulit lembut dan halus. Orang yang senang dengan hobi fotografi, pasti cocok datang ke lokasi ini, karena banyak spot menarik yang dapat diabadikan dalam sebuah foto. Perpaduan dari air danau yang kebiruan dengan dinding batu putih laksana salju.

Perpaduan warna yang begitu mempesona. Makanya Danau Camoi Aek Biru sering dipilih oleh pasangan yang hendak melakukan foto pre wedding. Untuk wisatawan yang ingin datang kemari, disarankan pada pagi atau sore hari. Karena kalau pada waktu siang hari, hawa anginnya sangat panas, terlebih di sini jarang pepohonan.

Camoi Aek Biru berada di Desa Air Bara, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Banga Belitung. Sesuai dengan namanya, air di danau ini berwarna biru. Camoi Aek Biru berjarak 50 km dari Pangkalpinang dan akan menghabiskan waktu perjalanan kira-kira satu jam. Mencapai di lokasi wisata yang satu ini amat mudah.

Beberapa meter sebelum masuk pemukiman Desa Air Bara, arahkan kendaraan ke barat dan sampai pada perempatan Simpang Bemban. Bagi kalian yang sedang merencanakan sebuah perjalanan wisata, Camoi Aek Biru ini bisa dijadikan destinasi yang cocok, Tempat ini menawarkan panorama perairan biru yang dikelilingi gundukan pasir putih bekas ekploitasi tambang yang telah mengeras, sekilas menyerupai salju.

Sedangkan Untuk keselamatan semua pengunjung, alangkah baiknya diberi pagar berupa papan kayu di sekitar Camoi untuk menghindari bahaya pengunjung yang kemungkinan bisa tercebur ke Camoi. Dan supaya air Camoi tetap biru bersih, sebaiknya juga di pasang larangan wisatawan mencebur dan mandi. Bukan untuk apa-apa. Semuanya bertujuan agar wisata alam Camoi Aek Biru tetap terjaga dan tidak rusak begitu saja dan sia sia. (Ganung)

LEAVE A REPLY