KLATEN, kabarwisata.com – Namanya Bandara Adi Sumitro namun bukan sebuah bandara yang bisa Anda temui, seperti hilir mudik pesawat terbang, apron, gate penumpang atau aktifitas penerbangan pada umumnya.

Penyematan nama bandara itu rupanya sebagai pemicu wisatawan untuk berkunjung ke kawasan wisata dengan wahan umbul dan kolam renang yang ada daerah Wunut, kecamatan Tulung, kabupaten Klaten. Sebuah pesawat asli Boeing 797-200 mendarat permanen di bandara ini sebagai daya tarik utamanya.

Sang empu tempat wisata, Nurmiyanto menerangkan jika pesawat itu sama sekali tak dipakai untuk terbang. Tapi disulapnya menjadi studio. Dibuatlah tiga bagian. Di bagian cockpit untuk studio foto. Pengunjung bisa menyewa baju seragam pilot untuk berfoto di ruang pilot itu. Setiap orang membayar Rp 20 ribu, bisa dapat seragam, foto studio serta cetak foto 10R.

Bagian lainnya, ada studio Theatre Alam memuat 66 orang. Ini adalah bioskop mini di dalam pesawat terbang yang menyajikan film-film dokumenter tentang keindahan tempat wisata di Indonesia, dunia binatang, pemandangan bawah laut, dunia pesawat, seputar tsunami, erupsi Merapi dan film edukasi lainnya. Tiket Rp 10 ribu/orang. Durasi sekitar 15 menit.

Ruang lainnya, ada di kursi penumpang pesawat bagian belakang. Ini ruang theater 3 Dimensi yang bisa menampung 36 penonton. Dengan tiket Rp 20 ribu/orang penonton bisa menyaksikan film-film animasi 3 Dimensi yang sangat disukai anak-anak, remaja maupun orang dewasa. Sensasi 3 Dimensi yang sangat menantang. Di bioskop mini ini, bisa dilihat film-film seperti Dinosaurus, Tarzan, Roller Coaster, monster bawah laut, boneka hantu dan lainnya. Begitu masuk ke atas pesawat, penonton akan mendapat kacamata 3D. Film ini juga sekitar 15 menit.

Bandara Adisumitro ini hanyalah satu spot fasilitas dari Taman Air Pancingan 100 Janti. Ada wahana lain yang bisa dinikmati seperti Water Boom, Taman Bermain, Kolam Renang Anak, dan Tempat Makan Lesehan.

Wahana wisata Kehadiran yang dikenalkan enam bulan lalu itu makin melengkapi Taman Air Pancingan 100 Janti. Disini semua bisa dinikmati bersama keluarga, bisa berenang, nonton film 3D sekaligus makan bersama. (aaw)

Foto : dok / internet

LEAVE A REPLY