Nihiwatu Sumba

JAKARTA, kabarwisata.com – Dunia pariwisata di Indonesia patut berbangga. Pasalnya, Nihiwatu Sumba Hotel kembali dinobatkan sebagai hotel terbaik di dunia tahun 2017 (World’s Best Awards 2017) oleh majalah wisata , Travel+Leisure. Sebelumnua, di 2016 juga meraih predikat yang sama.

Tiap tahun, majalah berbasis di Amerika Serikat yakni Travel+Leisure mengadakan survei untuk berbagai kategori di bidang pariwisata. Baru-baru ini, Nihiwatu yang terletak di Sumba didaulat sebagai hotel terbaik nomor 1 dari ajang “World’s Best Travel Awards 2016”. Nihiwatu mengalahkan deretan hotel bergengsi di AS, Selandia Baru, Australia, serta Ekuador dan Cile.

Lantas apa keistimewaan Nihiwatu Sumba hingga dapat diakui sebagai hotel terbaik di dunia? Nihiwatu Sumba merupakan resor terbaik bagi para penantang ombak di dunia.

Nihiwatu Sumba terletak di Kuta Poleng Complex BlokC/2, Pantai Nihiwatu, Sumba, Nusa Tenggara Timur. Lingkungan alam yang masih asri dengan hutan dan pantai perawan berombak besar membuat Nihiwatu Sumba bagai surga bagi para pejalan. 

Satu hal yang membuat Nihiwatu Sumba berbeda dengan akomodasi dunia lainnya, Nihiwatu Sumba mengajak tamu yang menginap di resor untuk berguna bagi orang lain. Tiap tamu yang menginap akan ditayangkan film pendek mengenai Sumba Foundation, organisasi yang membantu komunitas lokal Sumba.

Selama 14 tahun belakangan, para tamu di Nihiwatu diajak untuk ikut membantu pembangunan mata air di desa, klinik kesehatan, malariatraining center, dan program penanggulangan kelaparan. Di Nihiwatu Sumba, 90 persen pekerjanya adalah orang lokal.

Terkait hal ini, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Rabu (12/7/2017) mengatakan, penghargaan yang diterima berturut-turut, pada 2016 dan 2017 tentu akan memberikan dampak positif bagi meningkatnya kepercayaan terhadap daya saing pariwisata Indonesia di tingkat global.

“Penghargaan ini akan memberikan dampak pada 3C, yaitu confidence, credibility, calibration. Nihiwatu punya value yang berbeda dari hotel lain, dia peduli lingkungan dan kebudayaan, ikut memberdayakan masyarakat sekitar dengan mempekerjakan lebih dari 90 persen penduduk lokal,” ungkap Menteri Arief.

Sementara itu, terpilihnya Nihiwatu sebagai hotel terbaik di dunia juga ramai dibicarakan masyarakat di sosial media. Di Twitter, penghargaan yang diperoleh Nihiwatu disambut warganet dengan suka cita. Terbukti taggar #PariwisataJuara masuk menjadi salah satu trending topic hingga siang ini. (aaw)

LEAVE A REPLY