BANYUWANGI – kabarwisata.com, Melestarikan budaya Indonesia baru saja diadakan di Banyuwangi, menjadi ajang kolaborasi desainer nasional dan pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) batik, Bicara tentang batik yang menjadi sorotan, ternyata Banyuwangi memiliki kekayaan ragam motif batik yang beranekaragam.

Apalagi batik Banyuwangi kini tak kalah dari batik asal Solo, Pekalongan, atau Yogyakarta dan sering dijadikan buah tangan. Kini, pelaku industri pengrajin batik lokal di Banyuwangi pun juga semakin berkembang.

       Motif Gajah Oling, ni merupakan motif batik yang paling tua di Banyuwangi.

Dari namanya yang berasal dari gabungan nama dua hewan, ‘gajah’ dan ‘uling’ – semacam belut yang hidup di air, motif ini bentuknya melengkung mirip tanda tanya. Lengkungan ini merupakan simbol dari belalai gajah dan bentuk tubuh uling itu. Dilihat dari maknanya, arti implisit dari gajah adalah ‘yang maha besar’, sedangkan ‘uling’ dapat diartikan dengan kata ‘eling’ atau ‘ingat’. Jadi, motif gajah oling bermakna ‘ingat kepada Yang Maha Besar’.

Motif Sembruk Cacing, Motif ini bentuknya mirip anyaman bambu yang dalam Bahasa Jawa disebut ‘gedheg’.

Sembruk cacing merupakan motif khas Banyuwangi dan melambangkan kekayaan alam yang ada di Kabupaten tersebut. Selain itu, motif ini juga melambangkan kerukunan dan persatuan.

                                                     Motif Moto Pitik

Dalam bahasa Jawa, ‘moto pitik’ berarti mata ayam. Bentuk motifnya memang mirip kumpulan mata ayam. Motif ini pun juga melambangkan keragaman alam di Banyuwangi.

                                           Motif Kangkung Setingkes

Kangkung merupakan jenis sayuran yang utama dikonsumsi oleh masyarakat Banyuwangi. Sedangkan kata ‘setingkes’ berarti diringkas. Maka motif batik Kangkung Setingkes bermakna persatuan dan kebersamaan masyarakat yang erat.

                                               Motif Batik Kopi Aceh

Motif batik ini melambangkan penderitaan masa penjajahan, dan bermakna sekeras apapun diberi tempaan akan hancur. Kopi Pecah juga mewakili kearifan lokal, di mana persaudaraan rakyat dibangun lewat suguhan secangkir kopi.

Inilah keanegaraman corak motif khas banyuwangi yang mempunyai daya tarik wisatawan dan bisa dikenali sampai mancanegara agar menjadi pusat batik yang indah saat mengunjunginya.

LEAVE A REPLY