Obama Beserta Rombongan Liburan di Jogja

Presiden Amerika Serikat ke- 44, Barack Obama, belum lama ini berkunjung Ke Indonesia. Hal ini menjadi pemberitaan media  Nasional, maupun Internasional, dan diharapkan kunjungannya ini bisa meningkatkan potensi pariwisata di  Indonesia khususnya Bali dan Jogjakarta.

Object Wisata Candi Prambanan

Setelah melakukan liburan di Bali selama 5 hari, Pada hari Kamis, (29/6), Obama dan Rombongan memulai liburannya menuju ke Candi Prambanan dipandu oleh Manggarsari Ayuwati, Kepala Unit Badan Peninggalan Cagar Budaya (BPCB) Daerah Istimewa Yogyakarta. Menurut Manggar, Obama sangat  menikmati kunjungannya di Candi Prambanan. Manggar mengatakan  Obama dan rombongan berada di Candi Prambanan sekitar 1 jam. Perlu diketahui, Candi Prambanan memiliki 3 candi utama, yaitu Candi Wisnu, Candi Brahma, dan Candi Shiwa. Selain itu, di Prambanan memiliki Relief Ramayana yang menggambarkan tentang epos Hindu. Disana, wisatawan akan mendapatkan banyak sekali penjelasan mengenai asal usul Candi Prambanan secara gamblang oleh para pemandu wisata. Untuk harga tiket masuknya dikenakan tarif Rp. 40.000,- untuk wisatawan domestik dan USD 25 untuk wisatawan mancanegara.

Puncak Becici, Ds. Muntuk, Kab. Bantul

Setelah selesai menikmati Candi Prambanan, Rombongan bergegas menuju Puncak Becici, Desa Muntuk, Kabupaten Bantul. Puncak Becici merupakan destinasi wisata di Jogjakarta yang tergolong masih baru. Wisata yang ditawarkan Puncak Becici adalah menikmati keindahan pemandangan alam diatas ketinggian 300 mdpl yang dikelilingi hutan pinus. Pemandangan kota Jogjakarta dan Gunung Merapi bisa terlihat jelas diatas puncak ini. Harga tiket masuk puncak Becici masih gratis. Pengunjung hanya membayar parkir untuk motor Rp. 3.000,- dan mobil  Rp. 10.000,-.

Danau buatan yang terletak di sebelah Barat. Pada sore harinya, rombongan menuju objek wisata Tamansari, Jogja yang berada tidak jauh dari Keraton Jogja. Tamansari menawarkan wisata Istana Air yang pada zaman dahulu dijadikan tempat rekreasi keluarga kerajaan sekaligus benteng pertahanan yang dibangun pada tahun 1758 – 1765 oleh Sri Sultan Hamengku Buwoni I. Istana Tamansari memiliki 4 komplek yang bisa dikunjungi para wisatawan :

  1. Pemandian Umbul Binangun, letaknya di sebelah Selatan danau buatan.
  2. Pasarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati, terletak di sebelah selatan Umbul Binangun.
  3. Bagian sebelah timur yang memanjang dari Pemandian Umbul Binangun sampai Pasarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati, merupakan danau dengan pulau buatan serta jembatan gantung dan kanal.

Dari keempat kompleks yang ada di Taman Sari Yogyakarta, hanya Pemandian Umbul Binangun saja yang masih dalam keadaan utuh, sedangkan tiga bagian yang lain sudah menjadi perkampungan penduduk yang dulunya merupakan abdi dalam Keraton Yogyakarta. Harga tiket masuk wisata Tamansari Jogja adalah Rp. 5.000,- untuk wisatawan lokal dan Rp. 12.000,- untuk wisatawan mancanegara. Jam operasionalnya mulau Jam 08.00 – 17.00

LEAVE A REPLY