SEMARANG, kabarwisata.com – Meski industri fashion terus berkembang, fashion batik rupanya tak lekang oleh waktu. Di tangan Irma Susanti (28), batik tulis dengan konsep kustom menjadi primadona para kalangan atas terutama para pemimpin perusahaan besar.

Irma pemilik Identix Batik menempatkan batik sebagai identitas karakter pemakainya, dengan desain khusus berkarakter dia hanya membuat satu desain untuk satu produk saja, tidak dicetak kembali.

“Batik kustom kini sedang diminati terutama bagi orang sekelas manajer, direktur, bisnis owner sampai level atlit dunia,” katanya.

Dia pun selalu memakai semua jenis batik dari seluruh nusantara terutama batik tulisnya. Ada dari Solo, Pekalongan, Lasem, Jepara, dan banyak lainnya. Ide desain pun akan dia dapat secara original dari inspirasinya seperti budaya lokal, atau ketika melihat sesuatu kejadian yang selanjutnya dia tuangkan dalam desain batik tulis.

“Satu kustom sold out dan tak lagi saya buat sehingga soulnya akan kuat saat dikenakan. Batik tulis saya pilih karena dalam satu kali pembuatannya tak akan bisa diulang kembali, itulah kuatnya karakter batik tulis dibanding batik cap,” terang ibu muda yang juga jebolan Nanyang University Singapura Jurusan Arts and Design ini.

Dia menyediakan aneka jenis desain batik mulai dari kemeja, dress, kaos, sampai kain batik lilit. Dengan segmentasi kalangan menengah keatas, harganya dipatok mulai dari Rp 500 ribu sampai Rp 5 juta.

“Agar lebih mendunia sementara saya jual lewat e-comerce atau online, banyak yang minat seperti dari Spanyol, Singapura, dan China. Mereka suka batik kustom ya karena karakternya itu,” paparnya.

Dia juga kerap mendapat pesanan dari para pemimpin perusahaan besar seperti dari PT Kapal Api, PT Pura, perusahaan otomotif sampai bos perhotelan. Mereka minta dibuatkan batik berkarakter sesuai logo perusahaannya. Bahkan banyak yang minta dibuatkan desain batik tulis karakter hewan seperti harimau, naga, kucing dan lainnya.

“Mereka ada yang order desain sendiri, kita buatkan mulai dari approval desain, proses batik tulis sampai jadi minimal tiga bulan. Jaminannya kita garansi pengembalian dengan desain baru atau buat desain ulang jika luntur,” katanya.

Untuk mempercantik desainnya, dia juga mengkombinasi batik dengan kain katun premium agar dipakai adem dan terlihat mewah. Bahkan dia juga membuat desain Identix merchandise seperti kaos dan topi.

“Ada beberapa atlit balap motor luar negeri pesan topi dan kaos. Dan khusus di bazar (4-6/8) saya berikan cuma-cuma bagi yang melakukan pembelian lima pcs baju atau kain, sedangkan kaos gratis bagi pembelian tiga baju atau kain batik,” katanya, dimana kaos dan baju setelah bazar tak dijual lagi. (aaw)

LEAVE A REPLY