BALI kabarwisata.com, Objek wisata hidden canyon Beji Guwang di Sukawati tidak seramai Pasar seni Sukawati. Selain belum banyak orang yang tahu akan keberadaannya, perjalanan menuju tempat tersebut membutuhkan stamina dan kondisi fisik yang fit. Banyak wisatawan yang telah berkunjung ke sana mengatakan bahwa ke Beji Guwang merupakan sebuah perjalanan yang menantang karena menuntut fisik dan tidak direkomendasikan untuk orang yang tua, anak-anak atau orang dengan luka serius. Namun, tempat tersebut bagus untuk dikunjungi saat ke Bali karena pemandangan indah dan benar-benar alami.

Sebelum menjadi sebuah destinasi wisata, ngarai Beji Guwang ini menjadi lokasi untuk memancing bagi warga sekitar. Selain itu, di sekitar sungai ini terdapat Pura Beji yang memiliki pancuran air yang digunakan oleh warga sekitar untuk kebutuhan air minum dan air suci keperluan upacara di pura-pura sekitarnya.

Hidden Canyon Beji Guwang Sukawati menjadi populer setelah seorang fotografer asal Klungkung mengunggah di internet. Foto-foto yang eksotik dan menawan tersebut banyak membuat orang penasaran untuk mengetahui dimana lokasi tersebut. Padahal, tidak terlalu jauh dari lokasi wisata Pasar Seni Sukawati yang sudah terkenal di Bali.

Tempat wisata Hidden Canyon Tukad Beji Guwang ini dikelola oleh desa adat setempat. Pengunjung tidak dipungut bayaran untuk mengunjungi lokasi ini, tetapi membayar donasi secara sukarela untuk menunjang pembangunan fasilitas di objek wisata ini, seperti tangga untuk turun ke sungai dan toilet. Untuk mencapai ngarai tersebut, terlebih dahulu Anda harus menyusuri Tukad Beji yang berlawanan dengan arus sungai. Sebelum mencapai sungai Anda harus menuruni beberapa anak tangga yang lumayan banyak.

Jika Anda pertama kali mengunjungi lokasi ini, jangan coba-coba untuk menyusuri sungai ini tanpa pemandu dari warga setempat. Selain rutenya yang panjang mencapai 700 meter, sungai ini juga memiliki batu-batu yang licin. Terkadang tanpa pemandu kita akan kebingungan mencari rute. Pemandu di objek wisata ini direkrut dari warga sekitar yang benar-benar tahu akan seluk beluk lokasi ini dan benar-benar tahu mana jalan yang akan dapat dilalui dan yang mana tidak bisa dilalui.

Letak atau lokasi ngarai tersembunyi (hidden Canyon) Tukad Beji Guwang berada di desa Guwang Kecamatan Sukawati, Gianyar, Bali. Dari kota Gianyar hanya menempuh jarak 15 km, dari kota Denpasar hanya menempuh jarak 14 km, dan dari bandara Ngurah Rai hanya berjarak 29 km atau dengan waktu tempuh hanya 47 menit perjalanan dengan kendaraan.

Adapun objek wisata yang dekat dengan hidden canyon Tukad Beji Guwang yakni pasar seni Guwang, pasar seni Sukawati, pantai Ketewel (yang meliputi pantai Manyar,pantai kubur dan pantai gumicik), objek wisata Desa Celuk dengan kerajinan peraknya, dan objek wisata Desa Batubulan yang setiap hari menyajikan atraksi Tari Barong.(ganung)

LEAVE A REPLY