PAPUA kabarwisata.com, Kepulauan Raja Ampat merupakan destinasi wisata yang terletak di wilayah Papua. Wisata ini sudah dikenal oleh seluruh dunia karena keelokan alamnya yang sangat mempesona. Salah satu bentuk kepopuleran objek wisata Raja Ampat adalah dengan adanya film dokumenter yang dibuat oleh Avant Premiere yang berjudul ” Edis Paradise 3 “, dimana dalam film tersebut menceritakan keindahan alam bawah laut Raja Ampat yang berada di kawasan Papua, yang mana wisata ini juga dijuluki sebagi kawasan Amazon Lautan Dunia.

Julukan tersebut diberikan karena letak dari tempat wisata ini yang berada dipusat segitiga karang dunia. Wisata Kepulauan Raja Ampat berada dikawasan teritorial Papua Barat, yang merupakan sebuah gugusan pulau yang tersebar dengan jumlahnya berkisar 610 pulau, akan tetapi hanya ada 35 pulau yang dihuni oleh penduduk.

Banyak sekali rutinitas jika berkunjung ke Raja Ampat mulai dari berlayar, memancing, wisata kuliner, diving, naik perahu, snorkeling dan sebagainya. Hal yang paling wajib Anda rasakan ketika mengunjungi Raja Ampat yakni diving. Kegiatan diving merupakan kegiatan menyelam yang pastinya suatu rutinitas yang sifatnya menarik dan menantang, terlebih bila ditemani penyu, ikan pari dan warna-warni terumbu karang yang indah. Tentu hal demikian ini menjadi sebuah pengalaman paling mengesankan ketika menyelam di kepulauan Papua. Sedikitnya terdapat 565 spesies koral serta hewan yang tidak memiliki tulang belakang sekitar 699 spesies.
Para wisatawan yang berasal dari penjuru dunia sengaja datang objek wisata di Papua ini untuk menikmati keindahan pulau dan keunikan wisata bawah lautnya, serta menjelajahi dinding – dinding bawah laut dengan cara menyelam. Disini wisatawan juga bisa mengarungi gugusan kepulauan besar dan kecil, pegunungan, hutan tropis, untaian karang laut, pantai pasir putih serta keaneka ragaman kehidupan satwa yang ada di kawasan wisata Raja Ampat. Memang boleh dikatakan kalau kekayaan alam seperti ini sangat jarang sekali ada, jadi bersyukur sekali apabila Indonesia memiliki anugrah yang sulit untuk dilukiskan dengan kata – kata.
Tidak hanya keindahan bawah laut saja yang mempesona, tetapi terdapat keindahan Raja Ampat lainnya yang pastinya memikat hati Anda untuk berkunjung ke kepulauan ini. Beberapa elemen penting untuk menunjang keindahan Raja Ampat juga ikut andil seperti indahnya pemandangan hutan lebat, warna warni batu kapur, sarang penyu yang indah di tepi laut, spesis flora dan fauna langka dan sebagainya. Selain itu, kalian juga berpeluang untuk menikmati lezatnya makanan khas Papua yang disajikan melalui resto di tepi pantai.
Selain itu Anda bisa juga mengunjungi Waigeo Selatan, yang merupakan sebuah destinasi favorit penggemar diving. Tidak jauh dari Waigo Selatan Anda juga bisa menemukan destinasi wisata pulau karang Kabui Bay, Gua tengkorak dan juga destinasi wisata bersejarah Raja Ampat di Kali Raja. Anda juga bisa menyaksikan tari Salay di Saonek, berbagai jenis satwa burung di Desa Sawinggrai dan Yenwaupnor, serta wisata kerajinan anyaman di Arborek. Disini Anda juga bisa melakukan kegiatan snorkeling untuk menyaksikan sekelompok ikan pari berenang. Anda juga bisa berjalan – jalan dan menikmati sebuah desa tradisional yang memiliki suasana Unik.(ganung)

LEAVE A REPLY