FLORES kabarwisata.com, Alam Flores sungguh unik, terkadang mirip Afrika dengan savana-nya, terkadang malah dibilang mirip Eropa kalau melihat sungai dan bebatuannya. Untuk yang terakhir itu, buktikan saja di Air Terjun Cunca Wulang.

Cunca Wulang terletak di Desa Wersawe, Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dari beberapa pilihan yang ada di Labuan Bajo untuk pergi ke Cunca Wulang, saya memilih untuk menyewa motor bersama seorang kawan dari Labuan Bajo.

Air Terjun Cunca Wulang. Dalam bahasa lokal Manggarai Raya, cunca adalah air terjun sedang “Wulang” adalah bulan. Jadi Cunca Wulang bisa diartikan dengan air terjun berbentuk bulan. Mengapa disebut seperti itu, karena air terjunnya berwarna seperti warna bulan yang putih.

Untuk berjalan di hutan, lebih nikmat tanpa menggunakan alas kaki. Lebih menyatu dengan alam katanya. Saat itu saya kagum sekali melihat pemandu kami yang berjalan tanpa alas kaki dan telapak kakinya lebih kuat dibanding sol sepatu kami yang khusus dibuat untuk mendaki gunung. Terbukti dari pijakannya yang kuat, sedangkan kami masih sering terperosok beberapa kali karena jalan yang licin.

Sepanjang jalan, kami juga disuguhi pengetahuan baru, yaitu melihat tanaman vanilla dan coklat yang ditanam oleh penduduk lokal yang belum pernah kami lihat sebelumnya. Segala keringat yang menetes seperti terbayarkan. Pemandangannya indah tiada dua. Untuk menutup perjalanan kali itu, seperti kata pemandunya, kurang afdhol jika tidak melompat ke Cunca Wulang setelah perjalanan panjang.

Kami pun melompat dari salah satu tebing setinggi 4 meter ke perairan Cunca Wulang yang dalamnya sekitar 4 meter. Nikmat sekali. Segala lelah dan keringat langsung hilang setelah melihat indahnya alam Cunca Wulang dan merasakan kesegaran airnya.

Sungguh indah saat berkunjung dari Burung Indonesia menikmati keindahan Cunca Wulang, bahkan sebagian warga sedang mandi dua air terjun di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur selalu dikunjungi wisatawan asing dan domestik. Bahkan tamu-tamu dari LSM Burung Indonesia dari luar negeri selalu mengunjungi Cunca Rami dan Cunca Wulang. “Setiap hari wisatawan asing dengan kendaraan roda dua selalu mengunjungi dua air terjun tersebut.(ganung)

LEAVE A REPLY