Goa Maharani Lamongan: Harga Tiket Masuk, Sejarah dan Fasilitas Terbaru 2023

goa maharani lamongan
goa maharani lamongan

KabarWisata.com – Tidak dipungkiri kalau provinsi Jawa Timur termasuk kawasan dengan jumlah destinasi wisata yang cukup banyak. Salah satu diantaranya adalah Goa Maharani Lamongan yang terkenal dengan pemandangannya yang eksotis dan tidak pernah sepi dari pengunjung.  Kalau kamu ingin berwisata goa yang ramah anak, maka destinasi ini cocok untuk kamu kunjungi.

Terutama harga tiket di sini cukup murah,  baik di waktu normal maupun di masa liburan. Dalam artikel ini akan membahas mengenai wisata Goa Maharani Lamongan yang mulai viral.  Adapun ulasannya seputar fasilitas, harga tiket, jam buka, dan yang terakhir soal rute dan alamatnya.

Bacaan Lainnya

Daya Tarik Goa Maharani Lamongan

Goa Maharani Lamongan memiliki daya tarik yang menakjubkan. Salah satunya adalah pemandangan yang eksotis dikarenakan goa berada di dalam hutan yang teduh dan rindang. Kalau kamu masuk ke dalam Goa Maharani yang berada di Lamongan ini, maka kamu akan disambut langsung oleh stalakmit dan stalaktit yang memukau.

Kamu juga akan melihat, pahatan-pahatannya begitu elegan dan mengandung nilai seni yang tinggi di dalam goa. Selain itu, daya tarik Goa Maharani yang berikutnya ialah terdapat ratusan lampu yang didesain sedemikian rupa dan ditempatkan di segala ruangan gua.

Cahaya temaram dari lampu-lampu tersebut akan semakin menambah sensualitas perjalanan wisata kamu bersama keluarga.  Di Goa ini juga terdapat penangkaran burung endemik yang menarik. Pengunjung diperbolehkan untuk berinteraksi dengan burung tersebut sekalipun hanya berfoto selfie.

Sejarah Goa Maharani Lamongan

Sejarah ditemukannya Goa Maharani bermula ketika beberapa rombongan penggali fosfat sedang melakukan penggalian di tahun 1992. Pada waktu itu ada seorang penggali bernama Bapak Sugeng yang mengalami peristiwa bidang tanah galiannya tiba-tiba longsor lalu membentuk sebuah lubang di atas tanah yang cukup lebar.

Anehnya, setelah menemukan Goa Maharani Lamongan, Bapak Sugeng bermimpi didatangi perempuan cantik yang mengaku sebagai jin penunggu dari gua tersebut. Di dalam mimpinya si jin berpesan agar gua dijaga dan dirawat dengan baik. Bapak Sugeng dan kawan-kawannya melaporkan penemuan goa tersebut kepada pemerintah setempat. Akhirnya pada tahun 1994 goa ini pun diresmikan sebagai destinasi wisata yang baru.

Fasilitas Wisata Goa Maharani Lamongan

Saat berkunjung ke Goa Maharani Lamongan, tidak hanya akan disuguhkan pemandangan yang indah saja. Akan tetapi, kamu pun akan menemukan berbagai macam fasilitas yang tersedia oleh pihak pengelola. Sehingga membuatmu jauh lebih nyaman untuk berlibur ke goa ini. Adapun untuk fasilitasnya sendiri adalah sebagai berikut!

1. Maharani Zoo

Pihak pengelola Goa Maharani telah membangun kebun binatang mini, tepat di bagian luar dari goa yang diberi nama Maharani Zoo. Jadi, kalau kamu tidak ingin masuk ke dalam gua, maka kamu bisa mengunjungi kebun binatang tersebut.

Adanya kebun binatang Maharani Zoo, berarti Goa Maharani Lamongan juga telah menjadi destinasi wisata berbasis edukasi. Kamu pun bisa mengajak si kecil untuk turut serta berwisata supaya pengetahuan mereka terkait binatang menjadi lebih banyak.

2. Warung Kuliner

Di Goa Maharani Lamongan juga telah dibangun beberapa warung kuliner yang berjejer rapi. Di sini dijual beberapa jajanan khas Lamongan dan Jawa Timur seperti Soto Lamongan dan Sayur Asem. Harga kuliner di Goa Maharani terbilang standar karena memang termasuk kuliner tradisional. Disisi lain, kamu juga diperbolehkan untuk membawa bekal makanan dari rumah selama bisa menjaga kebersihan lingkungan.

3. Klinik Kesehatan

Fasilitas Goa Maharani yang berikutnya adalah Klinik Kesehatan. Salah satu sarana yang mungkin tidak semua destinasi memilikinya. Selain itu, destinasi ini juga telah menyediakan ruang istirahat yang nyaman dengan beberapa jenis obat. Akan tetapi, tidak semua jenis obat tersedia disini, sehingga sebaiknya membawa obat dari rumah sendiri.

4. Area Menyusui bagi Kaum Ibu

Pihak pengelola Wisata Goa di Lamongan ini telah membangun area menyusui khusus kaum ibu. Itu artinya, tidak ada larangan bagi kamu untuk membawa si bayi berwisata ke tempat ini. Ruang menyusui dalam destinasi ini, dibangun dengan desain yang sangat nyaman dan tentunya aman. Alhasil, privasi para ibu lebih terjaga manakala mereka sedang menyusui si kecil.

5. Spot Foto Buatan

Di Goa Maharani Lamongan juga telah dibangun puluhan spot foto yang eksotis. Kamu bisa memilih angle yang terbaik yang sekiranya layak diposting ke media sosial sekelas Facebook dan Instagram. Semua spot foto di destinasi ini bisa kamu gunakan dengan gratis. Oleh sebab itu, silahkan bawa kamera tercanggih lalu rencanakan pose terbaik yang tidak akan mengecewakan.

6. Fasilitas Standar Destinasi Wisata

Fasilitas Goa Maharani yang terakhir adalah fasilitas yang umumnya dimiliki oleh tempat wisata lainnya. Di sini sudah dibangun musholla yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk menjalankan ibadah sholat. Pihak pengelola juga menyediakan area parkir yang cukup luas. Selain itu, keamanan kendaraan di sana juga terjamin karena dijaga oleh beberapa petugas yang on time.

Harga Tiket Masuk Goa Maharani Lamongan

Harga tiket masuk Goa Maharani Lamongan terbilang cukup terjangkau. Untuk hari normal atau weekday, kamu cukup membayar Rp25.000 saja dan ini berlaku untuk setiap pengunjung. Sedangkan untuk waktu liburan atau weekend dan tanggal merah harga tiket cenderung naik menjadi Rp35.000 per-orang.

Ini sudah termasuk tiket masuk ke Maharani Zoo. Sementara untuk biaya parkir di Goa Maharani Lamongan tergantung dari jenis kendaraan yang dititipkan. Untuk sepeda motor, kamu hanya cukup membayar Rp5.000 saja. Sedangkan untuk mobil biaya parkirnya Rp10.000 per unit.

Jam Buka Goa Maharani Lamongan

Jam buka Goa Maharani Lamongan dimulai dari jam 08.30 pagi dan tutup pada jam 16.30 sore. Silahkan kamu berkunjung sesuai dengan waktu tersebut. Jika kamu ingin berwisata dengan nyaman, maka silahkan kunjungi  destinasi Goa ini di pagi hari dan sore hari. Sebab, di dua waktu tersebut suasana sekitar gua tidak terlalu panas.

Alamat dan Rute Menuju Goa Maharani Lamongan

Goa Maharani Lamongan berada di alamat Jalan Raya Paciran Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Tepatnya 1 jam perjalanan dari pusat kota Lamongan. Jika kamu ingin berkunjung ke destinasi ini, maka silahkan lalui jalur jalan Kranggan ke arah Rembang hingga tiba di Jalan Surabaya.

Apabila sudah tiba di sini silahkan ambil arah yang ke Jalan Raya PS Sungelebak lalu lurus saja sampai tiba di Karanggeneng Lamongan. Agar perjalanan lebih nyaman, silahkan kamu aktifkan Google Maps atau bertanya langsung kepada masyarakat setempat. Setelah itu ikuti informasi yang sudah didapatkan hingga tiba di depan pintu gerbang Goa Maharani Lamongan.

Media Sosial Maharani Zoo and Goa

Nomor Telepon: 0322-666555

website: maharanizoo.com

Instagram: https://www.instagram.com/maharanizoo/

Baca Juga:

Video Maharani Zoo dan Goa

@mariannavacation masuk GOA MAHARANI #maharanizoo #wbl ♬ Chill Vibes – Tollan Kim

Foto Goa Maharani Terbaru

Akhir Kata

Goa Maharani Lamongan layak menjadi rujukan destinasi wisata saat liburan. Di sini kamu akan mendapatkan satu pengalaman wisata yang elegan dikarenakan pemandangan gua yang menarik.  Selain itu, terdapat berbagai macam fasilitas yang dapat membuatmu enjoy selama liburan disana dan harga tiketnya pun cukup terjangkau.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *