Makam Sunan Drajat Lamongan: Sejarah, Harga Tiket Masuk, Parkir dan Fasilitas Terbaru

makam sunan drajat lamongan
makam sunan drajat lamongan

KabarWisata.com – Bagi Anda yang ingin wisata religi ke salah satu sunan yang ada di Lamongan, sebaiknya simak dulu mengenai ulasan makam Sunan Drajat Lamongan dari Sejarah, Mitos, Harga Tiket Masuk, Parkir, Jam Buka dan Fasilitas Terbaru.

Sunan Drajat merupakan salah satu walisongo yang sangat terkenal sehingga tidak heran banyak wisatawan yang ingin berziarah ke makamnya yang ada di Kabupaten Lamongan.

Bacaan Lainnya

Pengunjung yang datang tidak hanya dari dalam kota saja, melainkan luar kota bahkan luar Jawa juga datang untuk wisata religi sembari ziarah.

Kabupaten Lamongan tidak hanya memiliki wisata religi saja, salah satunya yang cukup digemari ialah Gunung Mas Mantup Lamongan.

Anda yang mengunjungi ke Makam Sunan Drajat Lamongan akan mendapatkan ilmu manfaat karena dapat mengenal sejarah, pelajaran dan hal baik lainnya.

Sejarah Makam Sunan Drajat

Makam Sunan Drajat memiliki sejarah dan sarat tersendiri, menurut penjelasan dari pengelola wisata, Sejarah Makam Sunan Drajat bermula dari awal pembangunan pesantren.

Nama Pesantrennya ialah Dalem Duwur yang berlokasikan di Desa Drajat, Pesantren tersebut digunakan untuk pusat dakwah Sunan Drajat kurang lebih abad 15 sampai abad 16.

Maka tidak heran di sekitar area Makam Sunan Drajat juga banyak sekali makam-makam lainnya yang itu sendiri muridnya beliau.

Pada area makam banyak sekali ornamen berupa ukiran angka tahun berdirinya yaitu 1531 atau sama dengan tahun 1609 Masehi. Tahun tersebut merupakan berdirinya pesantren milik Sunan Drajat.

Pada bagian Langkan Barat terdapat ukiran Candra Sengkala Memet atau bisa disebut angka tahun. Angkanya menyebutkan 1544 atau 1622 Masehi, ini menandakan renovasi makam agar dapat menampung peziarah lebih banyak.

Makam Sunan Drajat Lamongan

Makam Sunan Drajat menjadi salah satu wisata religi yang wajib dikunjungi karena dapat mengetahui sejarah perkembangan islam di Indonesia.

Perlu diketahui Sunan Drajat menjadi salah satu Wali Songo memiliki peran penting terhadap perkembangan islam se Indonesia. Dengan adanya makam menjadi bukti sejarah perjuangan yang membanggakan.

Makam Sunan Drajat di Lamongan menjadi tempat ziarah umat Islam, biasanya pengunjung yang ziarah dengan menggunakan bus atau beramai-ramai selalu ke Wali Songo atau Wali Lima.

Selain ziarah, Anda juga bisa mengelilingi untuk menikmati sejuknya pohon rindang diarea sekitar dan tentu bisa juga melihat beberapa makam santri dari Sunan Drajat.

Harga Tiket Masuk Makam Sunan Drajat Lamongan

Dari pengalaman pribadi, bagi Anda yang ingin ziarah ke Makam Sunan Drajat Lamongan untuk Harga Tiket Masuk simak dibawah ini:

  • Harga Tiket Masuk: Rp. 5.000/orang
  • Parkir Motor: Rp. 5.000/kendaraan
  • Parkir Mobil: Rp. 10.000/kendaraan
  • Parkir Bus: Rp. 50.000/kendaraan

Jam Buka Makam Sunan Drajat Lamongan

Karena banyaknya pengunjung setiap harinya, Makam Sunan Drajat Lamongan buka setiap hari 24 jam.

Biasanya untuk wisata religi akan sangat ramai di Bulan Ramadhan, Hari Libur ataupun Hari Libur Nasional, jadi sesuaikan agenda Anda ingin mengunjungi pada waktu kapanpun.

Alamat Makam Sunan Drajat Lamongan

Makam Sunan Drajat beralamatkan di Jl. Raya Dagan, RT.003/RW.002, Drajat, Kec. Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62264. Lebih lengkapnya bisa melihat dari Google Maps dibawah ini.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Makam Sunan Drajat dan agar tidak tersesat saat menuju ke lokasi bisa mengikuti Google Maps, caranya pun sangat mudah Anda hanya perlu membuka Google Maps lalu ketik di pencarian Makam Sunan Drajat Lamongan maka secara otomatis akan ditunjukkan rute terbaik.

Fasilitas di Makam Sunan Drajat Lamongan

Pengunjung yang datang ke Makam Sunan Drajat tidak perlu khawatir akan kelengkapan fasilitas yang ada. Mungkin sebagian orang yang belum mengunjungi akan khawatir karena kelengkapan fasilitasnya. Maka dari itu dibawah ini akan dirincikan secara lengkap mengenai fasilitas di Sunan Drajat.

  • Parkir area yang luas
  • Toilet/WC
  • Spot Foto Bagus
  • Nyaman
  • Tempat makan dan minum
  • Tempat berteduh
  • Dan lainnya.

Melihat dari beberapa fasilitas yang disebutkan diatas tentu sudah sangat lengkap dan Anda tidak perlu khawatir saat mengunjungi salah satu makam Wali Songo tersebut.

Tips ke Makam Sunan Drajat Lamongan

Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat mengunjungi Makam Sunan Drajat. Karena ini tempat yang sangat sakral Anda harus menjaga etika dan sopan santun, misalnya jangan berlarian, membuang sampah sembarangan dan membicarakan kata kotor.

Untuk Anda yang ingin berfoto karena nantinya diunggah ke Media Sosial sebaiknya pilih pemandangan bertema pohon rindang, saat berdoa ataupun di museumnya. Gunakan kamera yang bagus agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Jika Anda berasal dari luar Lamongan jangan lupa untuk mencoba makanan khas Lamongan yaitu Soto Ayam Kampung, Gado-gado atau bisa tanyakan ke penjual makanan di area wisata religi Sunan Drajat.

Akhir Kata

Itulah mengenai wisata religi Makam Sunan Drajat di Lamongan, Anda ketika mengunjungi wisata alangkah temukan referensinya terlebih dahulu di Kabar Wisata karena sangat lengkap. Semoga Bermanfaat!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *