Monumen Van Der Wijck Lamongan: Sejarah, Lokasi dan Harga Tiket Masuk Terbaru 2023

monumen kapal van der wicjk lamongan
Ilustrasi kapal van der wicjk

KabarWisata.com – Monumen Van Der Wijck Lamongan adalah salah satu destinasi ini tergolong populer karena sering menjadi pilihan bagi warga untuk menikmati akhir pekan. Sehingga tidak heran apabila banyak orang, khususnya Masyarakat Lamongan menghabiskan waktu akhir pekan di sini.

Salah satu hal yang membuat masyarakat berkunjung ke Monumen Van Der Wijck Lamongan yaitu karena beberapa hal. Adapun diantaranya yaitu memiliki nilai sejarah sampai dengan keindahan desain dari monument tersebut. Hal ini karena arsitektur yang ada pada bangunan tersebut terlihat unik.

Bacaan Lainnya

Daya Tarik Monumen Van Der Wijck Lamongan

Daya Tarik salah satu monumen di Lamongan yang pertama adalah keindahan dari pemandangannya karena dibangun tepat di pinggir pantai. Tepatnya di halaman depan Kantor Pelabuhan Brondong Sedayu. Sekalipun kamu seorang wisatawan yang berasal dari luar kota, pihak pelabuhan tetap membuka akses ke destinasi dengan ramah.

Bahkan, para pengelola bersedia memberikan informasi seputar sejarah dari pembangunan monumen tersebut. Sedangkan daya tarik Monumen Van Der Wijck Lamongan yang terakhir adalah jajanannya yang lezat dan murah meriah. Kamu tinggal memilih jejeran warung di samping jalan yang sebagian besar berjualan makanan khas Lamongan dan Jawa Timur.

Fasilitas Wisata Monumen Van Der Wijck Lamongan

Fasilitas utama di Monumen Van Der Wijck Lamongan adalah spot foto yang disediakan bagi para penggemar hunting selfie. Kamu bisa memilih angle di depan pintu gerbang pelabuhan dan menjadikan monumen sebagai latar belakang.

Pihak pengelola Monumen juga meletakkan beberapa bukti memorial dalam monumen yang diantaranya foto-foto kapal Van Der Wijck. Kamu juga bisa mengabadikan bukti-bukti otentik tersebut dalam bentuk jepretan kamera.

Selain menyediakan fasilitas di atas, pihak pengelola Van Der Wijck juga membangun fasilitas standar wisata di antaranya toilet dan gardu pandang. Sedangkan untuk tempat parkirnya, kendaraan kamu bisa langsung dimasukkan ke dalam area pelabuhan dan sudah dipersiapkan lahan khusus di sana.

Sejarah dan Fakta Unik Monumen Van Der Wijck Lamongan

Tidak dipungkiri bahwa salah satu hal yang menjadi alasan orang-orang berkunjung kesini karena destinasi ini memiliki sejarah yang cukup dalam. Selain itu, terdapat beberapa fakta unik terkait Monumen Van Der Wijck Lamongan yang perlu kamu ketahui. Adapun antaranya adalah sebagai berikut ini!

1. Monumen Dibangun Oleh Pemerintah Hindia Belanda

Monumen Van Der Wijck ternyata tidak dibangun oleh pemerintah Indonesia melainkan oleh Pemerintah Kolonial Hindia Belanda. Cuma tidak diketahui secara pasti kapan pembangunan monumen tersebut dilakukan.

Namun yang pasti, Monumen ini dibangun untuk memperingati peristiwa tenggelamnya Kapal Van Der Wijck di Perairan Brondong Sedayu pada tahun 1936. Sebuah kapal mewah milik perusahaan Belanda yang sedang berlayar dari Rotterdam ke Indonesia.

2. Monumen Dihadiahkan Bagi Nelayan Setempat

Fakta unik dari Monumen Van Der Wijck Lamongan yang berikutnya adalah ternyata monumen ini dibangun sebagai apresiasi pihak kolonial Belanda kepada nelayan setempat. Sebab, ketika Kapal Van Der Wijck sedang tenggelam maka para nelayanlah yang ikut menyelamatkan para korban.

Atas peristiwa inilah pihak kolonial Belanda pun tertarik untuk memberikan apresiasi sebagai pengingat jasa terhadap para nelayan Sedayu Lamongan. Alhasil, Monumen Van Der Wijck Lamongan pun dibangun hingga saat ini telah menjadi destinasi wisata.

3. Monumen Bersejarah yang Terawat

Jika dikalkulasi dari terjadinya peristiwa tenggelamnya Kapal berarti Monumen Van Der Wijck Lamongan telah berdiri sekitar setengah abad. Sebuah monumen yang sudah bisa disebut tonggak bersejarah apalagi memang ada nilai historis di sana.

Sekalipun demikian, Monumen kapal tersebut masih tetap terawat dengan baik hingga saat ini. Bahkan telah menjadi rujukan kalangan muda untuk berakhir pekan di sana.

4. Menjadi Simbol Keramahan dan Toleransi

Keberadaan Monumen Van Der Wijck Lamongan sejatinya menjadi simbol keramahan dan toleransi masyarakat Sedayu Lamongan yang cukup tinggi. Bagaimana mereka begitu sigap menolong korban kecelakaan laut sekalipun mengetahui kalau kapal yang tenggelam adalah milik bangsa penjajah.

Filosofi ini pula yang menjadi daya tarik dari keberadaan Monumen Van Der Wijck Lamongan. Termasuk menjadi pengingat kepada para generasi muda supaya tetap menjaga mental dan sikap yang baik kepada setiap manusia.

Harga Tiket Monumen Van Der Wijck Lamongan

Untuk berkunjung dan liburan ke Monumen Van Der Wijck Lamongan tidak dikenakan harga tiket masuk alias gratis. Silahkan kamu masuk saja karena destinasi ini memang tidak berpagar.

Jam Buka Monumen Van Der Wijck Lamongan

Jam buka destinasi Monumen Van Der Wijck Lamongan juga fleksibel. Kamu bisa datang kapan saja selama 24 jam asalkan tetap menjaga kebersihan dan ketertiban.

Alamat dan Rute Menuju Monumen Van Der Wijck

Monumen Van Der Wijck berada di Sedayu Lawas Brondong Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Tepatnya di halaman depan Pelabuhan Brondong Lamongan.

Kalau kamu ingin berkunjung ke Monumen Van Der Wijck Lamongan, maka silahkan berangkat langsung dari kota Kabupaten Lamongan. Jaraknya tidak terlalu jauh hanya sekitar 1 jam perjalanan saja dengan menggunakan kendaraan darat.

Jalan tercepat menuju Van Der Wijck Lamongan adalah melalui Jalan Raya Gresik lalu lurus saja hingga ke Jalan Babat. Ketika sudah tiba di sini silahkan bertanya kepada masyarakat yang ditemui di perjalanan.

Penginapan Terdekat ke Monumen Van Der Wijck Lamongan

Ada tiga penginapan yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Monumen Van Der Wijck Lamongan. Yang pertama Grand Kencana Guest House yang jaraknya hanya 100 meter saja. Kalau kamu ingin menginap di sini silakan sediakan saja budget sebesar Rp100.000 sampai Rp200.000 saja per-malam.

Hotel Bougenville juga terbilang dekat dari Monumen Van Der Wijck Lamongan. Fasilitasnya juga lengkap termasuk sudah ada akses wifi di setiap kamar dan TV berbayar yang bisa ditonton secara gratis.

Sedangkan penginapan terdekat dengan Monumen Van Der Wijck Lamongan yang terakhir adalah Izzi Hotel. Penginapan ini tepat berada di jalan utama menuju Sedayu sehingga kamu tidak akan kesulitan untuk menemukannya. Fasilitas hotel ini juga terbilang lengkap termasuk ada taman yang indah tepat di halaman utamanya.

Tips Liburan Ke Monumen Van Der Wijck Lamongan

Wisata Monumen Van Der Wijck Lamongan termasuk destinasi gratis yang memiliki nilai sejarah tinggi. Bahkan destinasi ini mengandung nilai filosofis dari karakter masyarakat di sekitar Sedayu Lamongan yang patut dibanggakan. Jika kamu berminat untuk berlibur ke sini, maka sebaiknya untuk menyiapkan camera ataupun perangkat.

Supaya kamu dapat mengabadikan setiap momen yang kamu habiskan selama di Monumen kapal lamongan. Selain itu, pastikan untuk kondisi kesehatanmu dalam keadaan stabil dan pastikan rute jalan ke destinasi ini, sudah kamu pelajari. Kamu pun dapat membooking penginapan terdekat jauh-jauh hari sebelum keberangkatanmu ke destinasi tersebut.

Akhir Kata

Untuk itu, kalau kamu masih kebingungan dalam hal menentukan destinasi wisata gratis yang akan dikunjungi saat liburan nanti, silahkan pilih saja Monumen Van Der Wijck Lamongan. Jangan lupa bawa kamera tercanggih karena spot foto di sini dipenuhi dengan angle yang bagus.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *