Pantai Cemara Tuban: Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Foto Terbaru 2023

pantai cemara tuban
pantai cemara tuban

KabarWisata.com – Sebagai salah satu kota yang ada di Jawa Timur, nama Tuban jarang diperhitungkan sebagai lokasi tujuan wisata layaknya kota-kota lain. Padahal di sana terdapat destinasi wisata pantai yang sangat menarik, yaitu Pantai Cemara Tuban.

Kecantikan Pantai Cemara ini karena memiliki landskap dengan pemandangan alam pantai yang sangat indah. Dengan fasilitas yang cukup lengkap serta akses jalan yang mudah, rasanya sayang jika keindahan Pantai Cemaran ini tak dinikmati.

Bacaan Lainnya

Daya Tarik Pantai Cemara Tuban

Berikut beberapa hal yang menjadi daya tarik utama Pantai indah di Kota Tuban ini.

1. Deretan Pohon Cemara

Kelapa adalah jenis tanaman yang sangat umum ditemukan di berbagai pantai di seluruh dunia. Namun ada beberapa pantai yang memiliki vegetasi alami yang unik yaitu pohon Cemara. Tentunya sebaran pantai seperti ini di dunia tidaklah terlalu banyak.

Indonesia sendiri hanya memiliki beberapa pantai dengan vegetasi pohon Cemara. Salah satunya berada di Kota Tuban ini yaitu Pantai Cemara Tuban. Sesuai namanya, badan pantai ini dipenuhi dengan pohon Cemara yang berjejer rapi nan asri.

Selain sedap dipandang mata, rimbunan pohon Cemara ini menjadi area berteduh para pengunjungnya dari terpaan terik mentari. Tentunya deretan pohon Cemara ini selain membuat suasana terlihat asri juga memancarkan kesan eksotis sebagai ciri khas unik sebuah pantai.

2. Pantai dengan Pasir yang Bersih

Tak hanya unik, indah dan asri, Pantai Cemara di Kota Tuban juga terkenal akan bentangan pasirnya yang bersih Hal tersebut karena sistem pengelolaan pantainya baik sehingga pengunjung bebas menikmati pantai tanpa sampah plastik yang berserakan.

Pasir di Pantai Cemara ini berwarna kecoklatan, terlihat sangat kontras dengan hijaunya badan pantai oleh pohon Cemara. Kontur tanahnyajuga sangat landai sehingga cocok untuk menjadi area bermain yang aman bagi semua pengunjungnya.

3. Tersedia Ragam Aktivitas

Tak perlu takut mati gaya jika berkunjung ke Pantai Cemara di Kota Tuban, pasalnya tersedia ragam aktivitas yang menarik, yaitu:

a. Bersantai Menikmati Pemandangan

Bagi pengunjung yang ingin melepas penat dari rutinitas hariannya, bersantai di Pantai Cemara ini adalah pilihan yang tepat. Semilir angin laut yang segar serta pemandangan lepas pantai dapat dinikmati dengan duduk atau rebahan di pinggir pantainya.

Menikmati hembusan angin dan pemandangan indah juga bisa pengunjung lakukan dari area gazebo yang sengaja dibangun dan disediakan oleh pengelolanya. Suasana syahdu pasti akan sangat terasa baik bersama keluarga, teman atau orang terkasih lainnya.

Di area pantai ini pengunjung bebas menikmati ragam hidangan dan minuman yang dibawa masing-masing dari rumah. Tak sempat membawanya? Jangan khawatir karena di sekitar area pantai banyak juga pedagang yang menjajakan aneka makanan dan minuman.

b. Melakukan Susur Pantai

Pantai Cemara di Kota Tuban ini terkenal akan garis pantainya yang sangat panjang. Jika bosan hanya duduk dan rebahan, pengunjung bisa mencoba untuk berjalan menyusuri garis pantai. Dengan landskap yang landau tentu tak akan sulit bagi pengunjung melakukan susur pantai.

Dengan butiran pasir yang halus dan lembut, tentunya sangat nyaman menikmati aktivitas ini baik di pagi maupun sore hari. Sesekali pengunjung juga bisa merasakan deburan air laut yang dibawa ombak saat menjilati bibir pantai.

c. Menikmati Wahana ATV

Jika ingin merasakan aktivitas lain yang jauh lebih seru, di Pantai Cemara ini juga tersedia persewaan kendaraan roda empat ATV. Jangan khawatir dengan biaya sewanya karena ATV ini memiliki banderol harga yang sangat ramah di kantong.

Dengan biaya sewa yang cukup murah tersebut, pengunjung akan bisa melakukan menjelajahi area pantai yang lebih jauh lagi dengan nyaman.

Untuk menjaga keamanan penyewanya, pihak pengelola persewaan ATV telah menyediakan alat pelindung keselamatan sesuai standar keamanan. Tentunya aktivitas ini akan dapat membantu pengunjung untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga dan sahabat tercinta.

d. Menonton Pertunjukan Seni

Selain berbagai kegiatan di atas, cara lain menikmati Pantai Cemara Tuban adalah dengan menonton pertunjukan seni. Kegiatan ini sengaja diadakan oleh pemerintahan Kota Tuban dengan tujuan menarik minat wisatawan untuk datang berkunjung.

Kegiatan pertunjukan seni ini biasanya terselenggara selama beberapa kali dalam satu bulan. Selain sebagai daya tarik wisata, melalui pertunjukan seni ini pemerintahan Kota Tuban berharap wawasan seni masyarakat juga bertambah.

Jenis kesenian yang biasanya dipergelarkan di Pantai Cemara ini antara lain tarian tradisional, wayang hingga kebudayaan larung laut. Selain itu ada juga penampilan teater yang biasanya akan mengangkat tema kisah Adipati Sumenep atau kisah Ronggolawe.

Harga Tiket Masuk Pantai Cemara Tuban

Meski memiliki banyak aktivitas seru, pemandangan pantai yang indah serta kebersihannya yang patut diacungi jempol, untuk harga tiket masuk ke Pantai Cemara Tuban dikenakan Rp 5.000/orang, untuk motor Rp. 5.000 dan mobil Rp. 15.000. Dengan harga yang terjangkau sudah bisa menikmati wisata yang sangat indah.

Pengunjung hanya perlu membayar biaya sewa parkir sebagai jaminan keamanannya. Itupun juga dengan harga sebagaimana layaknya tarif parkir di tempat umum lainnya. Nah cukup menarik bukan?

Fasilitas Pantai Cemara Tuban

Pantai Cemara Tuban hingga saat ini memang belum dikelola secara profesional oleh dinas terkait di Pemerintahan Kota Tuban. Namun meski begitu telah terdapat fasilitas umum yang cukup lengkap bagi kenyamana pengunjungnya, yaitu:

1. Tempat untuk beristirahat

Di sepanjang badan pantai di bawah rindangnya deretan Pohon Cemara, tersedia gazebo yang dapat menjadi lokasi istirahat bagi para pengunjungnya.

2. Ada Mushola

Tersedia pula Mushola bagi pengunjung yang beragam Islam, berikut tempat berwudhu baik bagi perempuan dan laki-laki, secara terpisah.

3. Kamar mandi umum

Untuk toilet juga telah tersedia sarana kamra mandi umum yang cukup bersih dan nyaman bagi pengunjung pantai. Di sana pengunjung dapat berganti baju atau melaksanakan aktivitas pribadi dengan aman dan leluasa.

Jam Buka Pantai Cemara Tuban

Untuk wisatawan yang ingin datang ke Pantai Cemara Tuban bisa datang kapanpun karena wisata ini buka 24 jam dan setiap hari.

Alamat dan Rute Pantai Cemara Tuban

Lokasi dari pantai wisata ini berada di Jalan Tuban-Gresik Sendang Harjo, Sendang Harjo, Sugihwaras, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Akses menuju lokasi sudah bagus dan bisa pengujung capai baik menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi.

Jarak tempuh ke alamat wisata dari pusat Kota Tuban adalah sekitar 6 Kilometer. Untuk menuju lokasi jika pengunjung bertolak dari Terminal Tuban Baru adalah mengikuti jalan raya utama menuju ke arah barat.

Teruslah pada jalur itu hingga nantinya pengunjung akan dapat melihat pantai dengan deretan Pohon Cemara pada sisi kanan jalan.

Tips Liburan Pantai Cemara Tuban

Ada beberapa tips bagi pengunjung yang ingin berwisata di Pantai Cemara di Kota Tuban ini, yaitu:

  • Guna menghindari risiko kulit terbakar sinar matahari maka jangn lupa gunakan selalu sunblock. Hal terutama jika pengunjung berniat untuk bermain air di pantainya.
  • Jangan lupa untuk membawa baju ganti agar badan kembali nyaman setelah puas bermain air.
  • Jika ingin naik wahana ATV, maka perhatikan usia anak. Jangan biarkan anak di bawah usia mengendarainya sendirian. Pastikan ada orang dewasa yang ikut mendampingi demi keamanan dan keselamatn semuanya.

Foto Pantai Cemara Tuban Terbaru

Frequently Asked Questions

Di mana lokasi Pantai Cemara Tuban?

Pantai Cemara terletak di Desa Widuri, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Apakah Pantai Cemara memiliki fasilitas parkir?

Ya, Pantai Cemara memiliki area parkir yang luas dan aman untuk pengunjung yang membawa kendaraan pribadi.

Apa yang membuat Pantai Cemara menarik untuk dikunjungi?

Pantai Cemara memiliki pesona alam yang menarik dengan hamparan pasir putih, pepohonan cemara yang rindang, dan ombak yang cukup tenang. Selain itu, suasana pantai yang relatif tenang dan bersahaja menjadikan tempat ini cocok untuk bersantai dan menikmati pemandangan.

Apakah Pantai Cemara memiliki fasilitas umum seperti kamar mandi atau warung makan?

Ya, Pantai Cemara menyediakan fasilitas umum seperti kamar mandi dan tempat makan yang menjual makanan dan minuman. Meski demikian, mungkin fasilitasnya tidak sebanyak destinasi wisata yang lebih ramai.

Apakah ada aktivitas lain selain berenang di Pantai Cemara?

Selain berenang, juga bisa menikmati kegiatan lain di Pantai Cemara seperti bermain voli pantai, berjalan-jalan di sepanjang pantai, atau menyaksikan matahari terbenam yang indah.

Apakah Pantai Cemara cocok untuk dikunjungi oleh keluarga dengan anak-anak?

Ya, Pantai Cemara adalah tempat yang cocok untuk dikunjungi oleh keluarga dengan anak-anak. Ombaknya yang tenang sangat aman untuk anak, tetapi anak-anak dapat menikmati bermain di pasir dan air laut dengan pengawasan yang tepat.

Apakah ada penginapan di dekat Pantai Cemara?

Di sekitar Pantai Cemara, Anda akan menemukan beberapa penginapan seperti rumah sederhana lainnya yang dapat memenuhi kebutuhan akomodasi .

Akhir Kata

Keindahan pantai Cemara di Kota Tuban ini mungkin memang tak seperti berbagai pantai cantik di Indonesia lainnya. Akan tetapi dengan kemudahan akses, kelengkapan fasilitas serta biaya masuk yang minim, rasanya sayang jika tak berlibur ke Pantai Cemara Tuban ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *