Pantai Dalegan Gresik: Harga Tiket Masuk, Rute, Jam Buka dan Fasilitas Terbaru 2023

pantai dalegan gresik
pantai dalegan gresik

KabarWisata.comPantai Dalegan Gresik adalah nama sebuah pantai indah di Jawa Timur yang terletak di perairan utara Pulau Jawa. Layaknya karakter pantai utara lainnya, Pantai Dalegan juga memiliki aliran ombak yang tenang sehingga sangat menarik minat wisatawan.

Pantai ini awalnya merupakan spot bermain favorit anak-anak dari penduduk di sekitar lokasi pantai. Namun keindahan pantai berpasir putih ini lambat laun menggaung hingga terdengar hingga keluar Kota Gresik, bahkan keluar Provinsi Jawa Timur.

Bacaan Lainnya

Daya Tarik Pantai Dalegan Gresik

Lantas apa sih daya tarik yang ada pada Pantai Dalegan ini sehingga dari waktu ke waktu semakin banyak wisatawan berkunjung?

1. Pantai Ramah Anak

Sebagaimana penjelasan di atas, awal mula terkenalnya tempat ini berawal dari fungsinya yang menjadi area bermain favorit anak-anak. Bagaimana tidak, pantai ini memiliki kontur alam yang landai sehingga tersedia area pantai yang sangat luas.

Selain itu pasir pantainya juga bersih tanpa ada karang yang berserakan. Deburan ombak yang mencapai pantai juga tenang meski airnya sendiri tak terlalu jernih. Beberapa hal itulah yang membuat pantai ini menjadi area bermain yang ramah anak.

Tak heran bukan jika kemudian banyak wisatawan yang mengajak keluarganya untuk berwisata di Pantai Dalegan ini. Tak hanya anak-anak, para pengunjung dewasa juga bisa merasakan keseruan bermain di pantai ini.

Kegiatan yang bisa dilakukan di area pantai antara lain adalah berenang, bermain pasir pantai yang lembut atau melakukan susur pantai.

Lantas bagaimana bagi yang tak bisa berenang? Jangan khawatir, di sekitar pantai banyak penduduk lokal yang membuka persewaan roda bekas yang dapat difungsikan sebagai pelampung.

Dengan harga sewa yang ramah di kantong, pengunjung dapat bebas menikmati pelampung ban bekas tersebut tanpa batasan waktu penggunaan lho.

2. Tersedia Aneka Sarana Bermain

Bagi pengunjung yang menyukai permainan penuh keseruan, di Pantai Dalegan juga memilik ragam wahana bermain yang seru. Misalnya bermain permainan menantang naik banana boat.

Namun jika hanya ingin menikmati suasana pantai dengan penuh ketenangan bisa memanfaatkan persewaan perahu bebek. Wahana ini dikemudikan dengan cara mengayuh sehingga bisa menjadi ajang olah raga ringan juga lho.

Namun jika ingin mengarungi pantai hingga ke area wilayah yang lebih jauh, pengunjung dapat menyewa perahu milik para nelayan. Dengan menyewa perahu, pengunjung akan dapat menikmati perjalanan ke tengah laut sambil menikmati buaian angin yang segar.

Dengan kapasitas hingga 10 penumpang pada tiap perahu, biaya sewa yang dikenakan cukup murah. Namun pengunjung juga bisa menyewa satu perahu secara eksklusif jika tak ingin berbaur dengan pengunjung lainnya.

Aktifitas lainnya, terdapat juga area pemancingan yang hanya dikhususkan bagi para pengunjung dewasa. Tak suka dengan semua kegiatan tersebut? Tak masalah! Pengunjung bisa bermain layang-layang saja karena di warung sekitar pantai ada penjual yang menjajakannya.

Angin laut Pantai Dalegan yang lembut, dijamin akan membuat aktifitas bermain layang-layang terasa mengasyikkan.

3. Pasir Putih yang Lembut

Daya tarik lainnya dari Pantai Dalegan Gresik adalah hamparan pasir putih di sepanjang pantai yang dimilikinya. Sebenranya garis pantainya sendiri tak terlalu panjang. Namun dengan memiliki luas hingga 1,5 hektar, pantai ini akan terasa cukup luas bagi semua pengunjungnya.

Pengunjung yang ingin merasakan aktifitas susur pantai pun akan tetap puas. Hal tersebut karena pengunjung akan dapat melakukannya sambil menikmati keindahan alam pantai dengan santai dan tanpa merasa terlalu penat.

Keindahan pantai ini semakin terasa jika ada di waktu pagi saat matahari terbit maupun sore kala matahari akan terbenam. Bagi pengunjung yang ingin mengabadikan keindahan pantai, di sini juga tersedia spot fot menari.

Yaitu ayunan yang berada persis di pinggir laut. Memiliki latar belakang pantai yang berpasir putih, niscaya akan menjadi spot foto yang menarik. Spot foto yang tak kalah menarik lainnya adalah dermagan pantainya.

Dermaga di Pantai Dalegan ini berupa satu jalan kecil yang terbuat dari beton dengan posisi yang menjorok ke arah laut. Sesekali akan terlihat beberapa kapal nelayan bersandar di dermaga tersebut dan menyajikan visual yang sangat indah.

4. Kuliner Ikan Asap

Pantai Dalegan juga dapat menjadi surga bagi para pecinta kuliner khas hidangan laut. Pasalnya di wilayah pantai ini terdapat banyak sekali ibu-ibu nelayan yang menjajakan kuliner khas laut yaitu ikan asap.

Tentunya tak hanya ikan asapa saja yang ada. Pengunjung bisa menyantap ikan asap segar bersama minuman es kelapa muda. Menikmati kuliner di hadapan hamparan pantai yang indah pasti akan jadi momen yang dirindukan.

5. Memiliki Keindahan Alam

Sebagaimana yang telah disebutkan di atas, Pantai Dalegan di Kota Gresik ini memiliki keindahan alam yang cukup memukau. Pengunjung dapat menikmatinya kapan saja karena keindahan tersebut tak berbatas waktu.

Jika datang di pagi hari, ada momen sunrise yang menghangatkan, sedangkan jika datang di sore hari ada momen matahari terbenam.  Bahkan di malam hari pun pemandangan di pantai ini juga sangat indah dengan dermaga yang terhiasi lampu membuat suasana terasa romantis.

Harga Tiket Masuk Pantai Dalegan Gresik

Untuk harga tiket masuk dikenakan Rp. 10.000/orang, untuk parkir motor Rp. 5.000 dan mobil Rp.10.000. Kamu juga bisa menyewa tikar cukup Rp. 15.000. Sedangkan biaya-biaya lainnya tidak ada kecuali jika pengunjung menyewa ragam permainan yang tersedia di sana.

Jam Buka Pantai Dalegan Gresik

Untuk jam operasional pantai mulai dari pukul 07.00 hingga pukul 17.00 WIB. Mengingat jam operasionalnya yang akan tutup di saat petang, maka bagi yang ingin berkunjung usahakan untuk tak datang terlalu sore ya.

Fasilitas Pantai Pantai Dalegan Gresik

Pantai Dalegan memiliki fasilitas umum bagi pengunjung yang cukup lengkap.

Fasilitas tersebut antara lain berupa area parkir yang cukup luas, kamar mandi umum, kamar bilas dan mushola. Selain itu tersedia juga gazebo, aneka wahana permainan, rumah makan sederhana dan beberapa spot foto.

Di Pantai Dalegan juga terdapat fasilitas sewa perahu, sewa bebek kayuh serta tempat memancing khusus pengunjung dewasa.

Alamat/Rute Pantai Dalegan Gresik

Lokasi atau alamat Pantai Dalegan tepatnya ada di Jl. Pasir Putih No.16, Rejodadi, Pasir Putih, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61156. Akses jalan menuju lokasi wisata pantai ini terbilang cukup baik.

Untuk pengunjung yang bertolak dari pusat Kota Gresik dapat mengarahkan kendaraan pribadinya ke arah Sidayu. Nah setelah melewati Hutan Jati Panceng, pengunjung tinggal mengikuti penunjuk arah jalan untuk sampai ke area pantai Dalegan.

Sedangkan untuk pengunjung yang bertolak dari Kota Lamongan, maka silahkan mengikuti jalur menuju ke arah Wisata Bahari Lamongan. Setelah itu lanjutkan perjalanan ke arah timur.

Tips Liburan Pantai Dalegan Gresik

Demi kenyamanan selama berwisata di Pantai Dalegan Gresik, pengunjung dapat memperhatikan beberapa tips berikut ini:

  • Gunakan selalu sunblock jika bermain di area tanpa pelindung agar kulit tak mengalami sunburn.
  • Selalu bawa baju ganti dan sabun untuk menjaga kebersihan tubuh setelah bermain di area pantai.
  • Gunakan alat keselamatan standar yang disediakan pengelola persewaan demi keamanan bersama. Misalnya memakai pelampung selama menggunakan wahana air.

Nah dengan paham arahan rute, fasilitas berikut aktivitas dan daya tariknya, yuk segera agendakan untuk berwisata ke Pantai Dalegan Gresik!

Foto Pantai Dalegan Gresik Terbaru

Akhir Kata

Itulah mengenai wisata Pantai Dalegan Gresik lengkap agar liburan kamu menjadi lebih seru dan tidak ada kendala sama sekali. Semoga Bermanfaat!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *