Pantai Indrayanti Jogja: Harga Tiket Masuk, Lokasi, Sejarah dan Penginapan Terdekat Terbaru

pantai indrayanti jogja
pantai indrayanti jogja

KabarWisata.com – Pantai Indrayanti Jogja merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak diburu oleh para wisatawan yang berasal dari daerah hingga luar kota.

Hal ini karena pemandangan yang dimiliki oleh pantai ini terbilang cukup indah. Terlebih banyak aktivitas yang dapat kamu lakukan bersama dengan teman maupun keluarga di sana.

Bacaan Lainnya

Banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan di salah satu pantai terindah di Jogja ini, kamu tidak akan menyesal ketika datang ke tempatnya.

Sejarah Pantai Indrayanti Jogja

sejarah pantai indrayanti jogja
sejarah pantai indrayanti jogja

Nama dari pantai ini adalah Pantai Pulang Sawal  dan hal tersebut dikampanyekan oleh pemerintah. Namun, lebih dikenal dengan sebutan pantai Indrayanti. Adapun penamaan ini sendiri sebenarnya diambil dari nama sebuah restoran yang berada di  daerah tersebut dan letaknya pun tidak terlalu jauh dari pantai.

Nama tersebut lambat laun menyebar dari mulut ke mulut sampai akhirnya terkenal hingga sekarang. Menurut beberapa sumber, restoran Indrayanti ini merupakan nama gabungan dari pemiliknya yaitu, Indra dan Yanti.  Bahkan nama tersebut sudah tersebar ke berbagai daerah sehingga masyarakat luas lebih mengenal destinasi ini dengan nama tersebut.

Harga Tiket Masuk Pantai Indrayanti Jogja

Saat memasuki area wisata ini, kamu akan dimintai harga tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orangnya. Sementara untuk menyewa sebuah gazebo hanya perlu membayar sekitar Rp 30.000 sehingga kamu dan keluarga dan bersantai dengan nyaman. Pantai ini pun telah menyediakan toilet maupun kamar mandi untuk para pengunjungnya.

Jika kamu ingin menggunakan nya, maka kamu perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 2.000 sampai dengan Rp 5.000 per orangnya. Selain itu, kamu pun dapat menikmati keindahan pantai dari jarak dekat dan tidak perlu khawatir dengan silaunya cahaya matahari. Pasalnya, disini kamu dapat menyewa payung pantai dengan harga Rp 20.000, cukup terjangkau, bukan?

Daya Tarik Pantai Indrayanti Jogja

daya tarik pantai indrayanti jogja
daya tarik pantai indrayanti jogja

Setiap destinasi pasti memiliki tariknya tersendiri sehingga dapat menarik perhatian banyak wisatawan. Hal tersebut pun berlaku untuk wisata satu ini. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai daya tarik dari pantai ini, simak ini yuk!

1. Pasir Putih

Pantai ini memiliki pasir berwarna putih yang luas dan terlihat sangat indah. Saat kamu menyentuh pasir ini, maka teksturnya akan terasa lembut sehingga tidak menimbulkan rasa sakit saat berjalan tanpa alas kaki.

Tidak hanya itu saja, jenis pasir seperti ini pun dapat kamu jadikan alasan untuk bersantai ketika pagi hari maupun sore hari. Pemandangan ini tambah menakjubkan karena kebersihannya cukup terjaga sehingga aman untuk berbagai macam aktivitas. Seperti halnya anak-anak bermain pasir.

2. Panorama Sunset

Jika berkunjung kesini, usahakan untuk tidak melewatkan kecantikan dan suasana romantis ketika matahari akan tenggelam. Kamu dapat menikmati pemandangan ini di pesisir sambil menikmati halusnya pasir pantai atau bahkan di gazebo bersama dengan orang-orang penting bagi hidupmu.

3. Melihat Laut Lepas

Kamu akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa karena disini dapat melihat laut lepas dengan air biru jernih. Hal ini dapat kamu lihat saat pertama kali masuk ke pintu masuk.  Terutama saat terasa angin sepoi-sepoi dan udara yang sejuk, kamu akan merasa lebih rileks dari sebelumnya.

4. Terdapat Wahana Ekstrem

Destinasi ini sendiri memiliki wahana yang cukup ekstrim sehingga menguji adrenalin yang kamu miliki. Salah satu wahana yang dapat kamu gunakan adalah jet ski dan untuk biaya sewanya sendiri yaitu Rp 250.000 per setiap 15 menit.

Selain itu, jika kamu adalah pemula dan butuh bimbingan maka dapat menggunakan jasa rider yang sudah professional. Nikmati perjalanan berkendara di atas air ini tentunya akan meninggalkan kesan tersendiri, bukan?

5. Tebing Karang

Hal yang menarik lainnya yang ada di pantai ini yaitu terdapat tebing karang dengan gradasi warna yang cantik. Sehingga cocok untuk kamu gunakan sebagai background untuk mengabadikan momen berhargamu disini.

6. Dekat dengan wisata lainnya

Salah satu hal yang membuat wisata satu ini banyak diminati karena letaknya sendiri dekat dengan destinasi lainnya. Dengan begitu, sekali liburan kamu dapat mengunjungi beberapa wisata. Tanpa harus cape-cape pindah penginapan maupun boros ongkos.  Adapun wisata yang dekat adalah pantai Sundak, pantai Pok Tunggal, Air Terjun Sri Gethuk, dan lain sebagainya.

Alamat dan Rute Pantai Indrayanti Jogja

Alamat atau Lokasi dari pantai ini sendiri berada di daerah wisata pantai yang terletak di Gunung Kidul. Untuk jaraknya sendiri dari pusat kota yaitu sekitar 66 KM. Dimana dengan waktu tempuhnya tersebut, kamu hanya perlu waktu sekitar 2 jam saja.  Adapun rute yang dapat kamu ambil dapat menggunakan dua jalur.

Pertama menggunakan jalan Wonosari  ( Ringroad Timur) dari Jogja kemudian menuju Piyun. Setelah itu melewati Patuk, lalu Wonosari, kemudian Karangrejek, lalu Hargosari, sampai akhirnya di Tepus. Dari sini, kamu hanya perlu mengikuti jalan yang mengarahkan ke pantai.

Adapun untuk rute kedua yaitu dapat menggunakan jalan Imogiri, kemudian Siluk, lalu Panggang, kemudian menuju Saptosari, lalu Saptosari hingga nanti sampai di Baron. Kamu dapat melanjutkan perjalanan kea rah Timur dengan perkiraan jarak sekitar 10 KM supaya dapat sampai di Pantai Indrayanti.

Penginapan Dekat Pantai Indrayanti Jogja

penginapan dekat pantai indrayanti jogja
penginapan dekat pantai indrayanti jogja

Jika kamu berencana menginap di wisata ini, maka ada beberapa rekomendasi penginapan yang bisa saja sesuai dengan kebutuhanmu tersebut Untuk lebih jauh, inilah beberapa penginapan yang tersedia yang dapat kamu booking.

  • Walet Guest House: 0821-3306-5501, 0878-3860-1129, dan  0852-0017-5454.
  • Penginapan Joglo Watukelir: 0819-0404-4481 dan  0823-2737-7377
  • Griya Pesisir: 0877-3801-7351, 0813-2800-5731
  • Bamboo Lengkung Cottage: 0813-9281-4301, 0813-2637-1994, atau 0852-0002-64888
  • Rock Garden Homestay: 0822-2531-7339

Fasilitas Pantai Indrayanti Jogja

fasilitas pantai indrayanti jogja
fasilitas pantai indrayanti jogja

Ada beberapa fasilitas di destinasi ini yang dapat digunakan, dari mulai toilet, kamar mandi, gazebo, café atau restoran, dan mushola. Tidak hanya itu saja, jika disini pun terdapat beberapa toko souvenir maupun oleh-oleh untuk orang-orang di rumah. Selain itu, ada pula tempat penyewaan payung pantai dan tikar untuk kamu bersantai di pinggir pantai.

Aktivitas seru di Pantai Indrayanti

aktivitas di pantai indrayanti jogja
aktivitas di pantai indrayanti jogja

Selain bermain jet sky, ada banyak kegiatan seru yang dapat kamu lakukan. Adapun untuk aktivitas tersebut diantaranya adalah sebagai berikut!

1. Kulineran

Kamu dapat menikmati berbagai macam hidangan yang lezat disini. Dari mulai lobster, ikan, cumi, gurita, dan lain sebagianya. Tentu hal tersebut menjadi surganya pecinta seafood, bukan? Namun, bagi kamu yang tidak terlalu menyukainya, ada pula makanan lain. Seperti ayam bakar, pisang goreng, dan lain sebagainya yang siap mengobati rasa laparmu.

2. Menikmati waktu santai dengan melihat sunset

Jika kamu sudah lelah dengan berbagai macam aktivitas di siang hari, maka sudah saatnya sore hari nya bersantai. Kamu dapat menghampiri pesisir dan membeli cemilan maupun minuman. Tentunya sambil nanti menyaksikan ombak dan melihat sunset. Tentu kegiatan ini akan membuatmu menjadi jauh lebih rileks.

3. Bermain di Pinggir Pantai

Jika kamu ingin bermain bersama dengan anak-anak, maka aktivitas ini paling cocok untuk dilakukan. Dimana nantinya, kamu dapat bermain pasir putih dengan tekstur halus ini bersama dengan mereka.

Baik menggunakannya untuk memmbangun sebuah bangunan, menulis huruf, dan lain sebagainya. Meskipun demikian, tetaplah hati-hati  supaya anak-anak tidak menghampiri air begitu saja.

4. Berkemah

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa area pesisir pantai memang  sangat luas, bukan? Nah, hal tersebut dapat dijadikan salah satu tempat untuk membangun tenda. Kegiatan camping ini memang mengasyikan karena kamu dapat melihat pemandangan dari sore hari hingga pagi hari.

Namun, sebelum itu, kamu perlu menyiapkan perbekalan maupun perlengkapannya sematang mungkin. Terlebih, warung -warung ada di pantai ini hanya beroperasi sampai sore saja. Dengan begitu, penting untuk menyiapkan kebutuhan sebelum akhirnya berangkat.

5. Berfoto-foto

Aktivitas selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah berfoto-foto, baik itu mengabadikan momen dengan memotret diri sendiri, keluarga, bahkan alam. Terlebih jika kamu memiliki minat atau kemampuan yang tinggi mengenai fotografi, pasti hasil dari foto-foto tersebut akan ciamik.

Selain itu, terdapat berbagai macam spot yang dapat kamu gunakan untuk pengambilan gambar. Dengan begitu, kamu pun akan jauh lebih leluasa.

Tips Liburan Pantai Indrayanti Jogja

tips liburan pantai indrayanti jogja
tips liburan pantai indrayanti jogja

Ada beberapa tips liburan yang dapat kamu siapkan sebelum keberangkat sehingga lebih menyenangkan. Dimana nantinya, jika ingin berlibur ingin lebih leluasa, sebaiknya berangkatlah saat waktu libur yang didapatkan lumayan lama. Dimana kisaran nya sekitar 3 sampai dengan 7 harian.

Selain itu, siapkan pula akomodasi dan perhitungkan budget dengan cermat. Tidak hanya itu saja, kamu juga perlu menghafal rute jalan untuk sampai di Pantai Indrayanti.

Akhir Kata

Wisata Pantai Indrayanti memang menarik dan cantik sehingga dapat mengikat siapa saja. Adapun daya tarik dari pantai ini sendiri yaitu pasirnya yang halus serta berwarna putih, dekat dengan beberapa wisata lainnya, dan lain sebagainya. Selain itu, informasi fasilitas, penginapan, dan lain-lain yang tersaji di atas dapat menjadi gambaran besar. Sebelum akhirnya memutuskan untuk menjadi pantai ini sebagai tujuan destinasi liburan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *