Pantai Klayar Pacitan: Harga Tiket Masuk, Lokasi dan Penginapan Terdekat 2023

pantai klayar pacitan
pantai klayar pacitan

KabarWisata.com – Pantai Klayar Pacitan merupakan salah satu destinasi favorit untuk berlibur, terutama bagi mereka yang menyukai nuansan laut.  Selain itu, Pacitan sendiri terletak di daerah Jawa Timur dan memiliki banyak wisata alam yang indah.

Kamu bisa mengunjungi Pantai Klayar bersama keluarga, sahabat, teman ataupun pacar untuk menikmati keindahan destinasi pantai tersebut.

Bacaan Lainnya

Banyak sekali yang ingin datang ke wisata ini tapi takut akomodasinya mahal, kamu jangan khawatir disini akan dibahas lengkap mengenai Pantai Klayar Pacitan mulai dari harga tiket, daya tarik hingga alamat lengkapnya.

Daya Tarik Pantai Klayar Pacitan

Keindahan dari pantai ini sendiri memang mengagumkan dan suara deburan ombak semakin membuat suasana menjadi lebih menenangkan. Selain itu, ada beberapa daya tarik dari pantai ini sendiri sehingga memiliki ciri khas tersendiri.

1. Gradasi Warna Pasir

Umumnya, pantai memiliki pasir hanya satu warna saja, baik itu putih, coklat, hitam, bahkan pink. Namun, apa jadinya apabila warna pasir coklat dan putih dipadukan? Tentu hal tersebut akan menghasilkan gradasi warna yang indah, bukan?

Nantinya, kamu akan melihat pasir berwarna kecoklatan saat melihatnya dekat dengan air. Akan tetapi, jika kamu berjalan menjauhi arah, maka pasir yang nampak yaitu berwarna putih.

2. Seruling Samudera

Daya tarik selanjutnya yang dimiliki oleh Pantai Klayar Pacitan yaitu dapat mendengar suara yang berasal dari angin dan air laut kemudian menebus sebuah lubang batu karang. Suara tersebut pun terdengar seperti halnya seruling.

Sehingga banyak orang yang ingin mendengarkan momen langka seperti ini. Dengan begitu, jika kamu ingin berlibur ke destinasi tersebut, pastikan untuk tidak melewatkan momen ini ya.

3. Batu Karang yang berada di Tengah Pantai

Pantai ini memiliki karang yang cukup besar dan batuan ini memiliki sebuah legenda yang dipercaya oleh masyarakat setempat.  Dimana menurut warga sekitar, karang tersebut dapat terbentuk karena hasil pertarungan mahluk gaib dan terjadi di Pantai Klayar.

Jika kamu perhatikan lebih jauh, batuan tersambung dengan batuan pinggir pantai. Tidak hanya itu, karang tersebut pun dapat kamu daki dengan aman karena sudah ada tangga yang terbuat dari beton untuk memudahkan akses pengunjung.

4. Batu Sphinx dan Sumur

Ketika berkunjung ke destinasi ini, maka kamu dapat menemukan batuan yang terlihat mirip dengan Patung Spinx yaitu Patung Singa, tetapi berkepala manusia yang berada di daerah Mesir. Itulah alasan mengapa batuan tersebut dikenal dengan Batu Sphinx.

Selain itu, adapun batu karang yang berlubang dan terdapat air didalamnya. Dimana hal ini masyarakat setempat namai sebagai sumur dan tercepat 3 sumur. Yaitu sumur permana dulunya digunakan untuk pemandian dan pengobatan kuda. Tidak hanya itu saja, sumur inipun paling luas dan lebar diantaranya yang lainnya.

Kemudian untuk dua lagi dinamakan sebagai Suranyata dan Citralaras yang masyarakat percaya sebagai pembawa berkah. Untuk ukurannya pun jauh lebih kecil dibandingkan yang pertama.

5. Terdapat Air Mancur

Hal yang tidak kalah menariknya dari pantai ini yaitu, memiliki air mancur yang dapat kamu lihat di tengah laut dan akan mencair pada waktu tidak terduga. Meskipun begitu, biasanya memancar ketika laut pasang yaitu sekitar pukul 09.00 hingga 16.00 WIB.

Ternyata, karang yang menghasilkan bunyi seperti halnya suling ini dapat mengeluarkan air mancur juga. Adapun untuk ketinggiannya sendiri yaitu sekitar 10 sampai dengan 15 meter.

Alamat Pantai Klayar Pacitan

Alamat Pantai Klayar di Jl. Pantai Klayar, Kendal, Sendang, Kec. Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554

Lokasi dari destinasi ini yaitu di Pacitan, lebih tepatnya berada di perbatasan antara Wonogiri. Untuk sampai di pantai ini, kamu dapat menggunakan 2 jalur alternatif. Bagi kamu yang datang dari arah Kota Pacitan, maka ikutilah jalur bus Solo- Pacitan. Setelah itu, belok kiri saat ada pertigaan dadapan dan saat ada di desa Candi, beloklah kanan.

Kemudian, lurus sampai akhirnya menemukan pertigaan dan ikuti petunjuk arah yang dipasang untuk masuk ke pantai. Sementara untuk yang datang dari arah Yogyakarta maka dapat menggunakan jalur Gunung Kidul atau Wonosari. Nantinya, kamu ambil jalan yang lurus ke arah Timur menuju ke Pathuk.

Setelah sampai di daerah tersebut, maka ambilah jalan yang ke arah Pracimantoro, lalu ke arah Giribelah, kemudian menuju ke Punung. Saat di jalan Punung inilah, kamu akan menemukan petunjuk arah ke pantai Klayar.

Harga Tiket Masuk Pantai Klayar

Berapa harga tiket masuk Pantai Klayar? Kamu hanya perlu mengeluarkan sebesar Rp 10.000 per orangnya untuk masuk ke sini bagi anak-anak dan Rp 15.000 bagi orang dewasa. Biaya tersebut telah diputuskan sejak tahun 15 Februari 2021 yang berlandaskan peraturan daerah Kabupaten Pacitan. Dimana sebelumnya, destinas ini menerapkan biaya sebesar Rp 5.000 bagi anak-anak dan Rp 10.000 bagi dewasa.

Jam Buka Pantai Klayar Pacitan

Untuk kamu yang ingin berwisata di Pantai Klayar buka setiap hari dan 24 jam  karena terkadang ada wisatawan yang ingin menginap di sekitar pantai tersebut.

Rekomendasi Penginapan Dekat Pantai Klayar Pacitan

Saat kamu memutuskan untuk berlibur bersama keluarga untuk beberapa hari, maka sudah seharusnya untuk mencari penginapan yang nyaman. Sehingga momen ini pun dapat berkesan dan menyenangkan.

1. La Calypso Guesthouse

Rekomendasi pertama penginapan yang berada dekat dengan pantai Klayar ini berlokasi di daerah Ploso, Pacitan. Adapun fasilitas yang tersedia yaitu kemudahan dalam mengakses pantai. Selain itu, fasilitas yang dapat kamu nikmati disini yaitu Wi-Fi gratis, sewa motor, dapur, spa, kamar mandi dan kamar yang nyaman.

2. Hotel Hamiko

Penginapan ini berlokasi di daerah Baleharjo atau sekitar 1,3 KM dari Kota Pacitan. Saat menginap di sini, maka kamu berhak mendapatkan berbagai fasilitas yang tersedia. Yaitu pelayanan resepsionis yang terjaga 24 jam, Wifi gratis, teras, pendingin ruangan, kamar mandi, dan televisi. Tidak hanya itu saja, penginapan ini pun menawarkan pemandangan gunung yang indah dan udara sejuk.

3. Hotel Minang Permai 3

Untuk lokasi nya sendiri berada di daerah Sidoharjo, Pacitan. Jika kamu menginap di hotel ini, maka kamu akan lebih mudah mengakses tiga wisata sekaligus. Baik itu Goa Gong, Pantai Srau, maupun pantai Klayar. Untuk fasilitas di hotel ini yaitu Wi-Fi gratis, tempat parkir, kamar mandi, layanan kamar, dan lain sebagainya.

Fasilitas Dan Aktivitas Seru Di Pantai Klayar Pacitan

Mungkin kamu yang ingin berkunjung akan bertanya-tanya ada apa saja di Pantai Klayar. Perlu diketahui, meskipun pantai ini memiliki ombak yang kuat, sehingga kamu tidak boleh berenang, tetapi masih banyak aktivitas yang dapat kamu lakukan. Seperti halnya bermain pasir, jalan-jalan di pesisir, berkendara ATV,  sampai dengan menjelajah tebing-tebing yang ada di sekitar pantai.

Adapun untuk fasilitas yang dapat kamu nikmati di pantai ini yaitu memiliki kamar mandi serta toilet, terdapat warung-warung, mushola, lahan parkir, dan tempat makan.  Untuk menikmati pemandangan, kamu pun dapat menggunakan Gazebo sambil menikmati angin sepoi-sepoi.

Tips Liburan Pantai Klayar Pacitan

Jika ingin berlibur ke destinasi ini, usahakan untuk tidak berkunjung ketika musim hujan terlebih yang disertai dengan angin. Hal tersebut karena angin dapat mempengaruhi gelombang laut itu sendiri. Selain itu, untuk menghindari teriknya matahari, kamu dapat berkunjung ketika pagi hari atau malam sore hari sambil menikmati sunset.

Kamu pun perlu menyiapkan akomodasi, rute jalan yang efektif, menentukan budget, dan menentukan berapa lama kamu akan liburan di destinasi tersebut. Dengan begitu, liburanmu akan jauh lebih terencana dan matang.

Pantai Klayar Pacitan memberikan kesan pengalaman yang unik bagi para pengunjung. Pasalnya, disini para wisatawan dapat melihat Batu Sphinx dan Sumur, air mancur di tengah laut, dan hal menarik lainnya. Apakah kamu tertarik untuk berlibur ke pantai ini?

Frequently Asked Questions

Apakah boleh Berenang di Pantai Klayar?

Kamu tidak diperbolehkan untuk aktivitas berenang di Pantai Klayar, karena memiliki resiko yang besar, pantai tersebut memiliki ombak yang cukup deras.

Ada apa saja di Pantai Klayar?

Pengunjung akan menemukan banyak kenikmatan saat liburan di Pantai Klayar seperti air mancur alami, air terjun ada diantaranya pasir putih, karang raksasa mirip Sphinx di Mesir, Seruling Laut, dan batu karang indah.

Akhir Kata

Itulah mengenai Pantai Klayar Pacitan diulas secara lengkap berdasarkan pengalaman pribadi, Anda bisa datang bersama orang tercinta untuk menikmati momen liburan. Semoga bermanfaat!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *